Apa Itu VPN?

Apa Itu VPN?

Hai, pembaca! Apakah kamu sering mendengar tentang VPN? Namun, kamu masih bingung apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya? Jangan khawatir karena dalam artikel ini, saya akan membahas apa itu VPN dan cara kerjanya dengan gaya penulisan yang santai dan mudah dipahami.

Pengertian VPN

VPN merupakan kepanjangan dari Virtual Private Network. Dalam bahasa Indonesia, VPN berarti jaringan pribadi virtual. VPN digunakan untuk membangun koneksi internet yang aman dan terenkripsi antara perangkat kamu dengan server VPN.

VPN membuat kamu terhubung ke internet melalui server VPN yang terletak di lokasi yang berbeda. Sehingga, kamu dapat mengakses internet dengan alamat IP yang berbeda pula. Dalam hal ini, VPN dapat membantu kamu untuk merahasiakan identitas kamu saat browsing dan membuat kamu lebih aman di dunia maya.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

VPN bekerja dengan cara memanfaatkan koneksi internet yang ada dan membuat koneksi terenkripsi antara perangkat kamu dan server VPN.

Setelah kamu terhubung dengan server VPN, alamat IP kamu akan diganti dengan alamat IP server VPN tersebut. Hal ini membuat informasi yang kamu kirim dan terima melalui internet, tersembunyi di balik alamat IP server VPN.

VPN juga memberikan kamu level keamanan yang lebih baik. Karena, informasi yang kamu kirim dan terima melalui internet telah dilewatkan oleh server VPN yang terenkripsi, sehingga sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk mengakses informasi tersebut.

Apa Fungsi VPN?

VPN memiliki beberapa fungsi penting yang dapat membantu kamu dalam menjaga keamanan dan privasi data kamu di dunia maya.

1. Membuat Koneksi Internet Lebih Aman

VPN memberikan kamu koneksi internet yang terenkripsi dan tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Hal ini membuat kamu lebih aman saat melakukan aktivitas online, seperti browsing atau transaksi online.

2. Menjaga Privasi Online

Dengan adanya VPN, kamu dapat merahasiakan identitas kamu saat browsing. VPN juga membantu kamu untuk mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah atau penyedia layanan internet. Sehingga, kamu dapat mengakses informasi dengan bebas.

3. Menghindari Penyadapan

Dengan VPN, kamu bisa menghindari penyadapan oleh pihak yang tidak berwenang. VPN membuat informasi yang kamu kirim dan terima melalui internet terenkripsi. Sehingga, sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk mengakses informasi tersebut.

4. Browsing Anonim

Dengan VPN, kamu dapat mengakses internet dengan alamat IP yang berbeda. Alamat IP kamu akan diganti dengan alamat IP server VPN. Hal ini membuat kamu bisa browsing secara anonim dan terhindar dari tracking oleh pihak tertentu.

Apa Saja Jenis VPN?

Terdapat beberapa jenis VPN yang dapat kamu gunakan, yaitu:

1. Remote Access VPN

Remote Access VPN digunakan untuk mengakses jaringan perusahaan melalui internet. VPN ini sangat bermanfaat bagi karyawan yang bekerja jarak jauh atau yang ingin mengakses jaringan perusahaan dari luar kantor.

2. Site-to-Site VPN

Site-to-Site VPN digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda. VPN ini sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki beberapa kantor di lokasi yang berbeda atau untuk menghubungkan jaringan perusahaan dengan jaringan penyedia layanan.

3. SSL VPN

SSL VPN digunakan untuk mengakses jaringan perusahaan melalui internet, seperti Remote Access VPN. Namun, SSL VPN menggunakan protokol SSL/TLS untuk koneksi terenkripsi yang lebih aman.

4. PPTP VPN

PPTP VPN digunakan untuk mengakses internet melalui koneksi internet. VPN ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah atau penyedia layanan internet.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya. VPN dapat membantu kamu untuk menjaga keamanan dan privasi data kamu saat browsing di dunia maya. Pilih jenis VPN yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan pastikan kamu selalu terhubung dengan VPN saat browsing.

Nama VPN Jenis VPN Harga
ExpressVPN Remote Access VPN Rp 120.000/bulan
NordVPN Site-to-Site VPN Rp 89.000/bulan
ProtonVPN SSL VPN Rp 70.000/bulan
Windscribe VPN PPTP VPN Rp 50.000/bulan

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!