Cara Instal Candy CBT di cPanel

Cara Instal Candy CBT di cPanel

Hai Sobat Teknologi!

Apakah kamu sedang mencari cara untuk menginstal Candy CBT di cPanel? Jika ya, kamu berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah instalasi Candy CBT di cPanel dengan detail. Sebelum itu, mari kita bahas sedikit tentang apa itu Candy CBT dan cPanel.Candy CBT adalah software yang dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran dengan menggunakan bantuan teknologi komputer. Sedangkan cPanel adalah sebuah software control panel web hosting yang digunakan oleh banyak webmaster. Nah, sekarang mari kita mulai langkah-langkah instalasi Candy CBT di cPanel.

Langkah 1 – Persiapan

Sebelum memulai instalasi, pastikan bahwa kamu telah memiliki akses ke cPanel dan juga file Candy CBT yang akan diinstal. Jika belum, kamu bisa mengunduh file instalasi Candy CBT dari situs resminya.

Langkah 2 – Upload File Candy CBT

Setelah kamu memiliki file instalasi Candy CBT, selanjutnya adalah mengupload file tersebut ke dalam folder yang tepat di cPanel. Untuk melakukannya, masuk ke cPanel dan cari menu File Manager. Setelah itu, buat folder baru di dalam folder public_html yang bernama “cbt”. Selanjutnya, pilih folder “cbt” dan klik upload file. Pilih file Candy CBT yang telah kamu unduh tadi dan upload ke dalam folder “cbt”.

Langkah 3 – Ekstrak File Candy CBT

Setelah file Candy CBT berhasil diupload ke dalam folder “cbt”, selanjutnya adalah mengekstrak file tersebut. Untuk melakukannya, klik kanan pada file Candy CBT dan pilih “Extract”. Kemudian pilih folder “cbt” sebagai tempat ekstraksi.

Langkah 4 – Buat Database

Setelah file telah diupload dan diekstrak, kamu perlu membuat database untuk Candy CBT. Untuk melakukannya, masuk ke cPanel dan cari menu “MySQL Databases”. Setelah itu, buat database baru dan berikan nama sesuai dengan keinginanmu. Kemudian, buat pengguna baru dengan memberikan nama dan password.

Langkah 5 – Import Database

Setelah database terbuat, selanjutnya adalah mengimport file database yang ada di dalam folder Candy CBT. Untuk melakukannya, masuk ke menu “phpMyAdmin” dalam cPanel. Pilih database yang telah kamu buat tadi dan klik “Import”. Pilih file database yang ada di dalam folder Candy CBT dan klik “Go”.

Langkah 6 – Konfigurasi Candy CBT

Setelah semua tahapan di atas telah dilakukan, kamu perlu melakukan konfigurasi Candy CBT agar dapat berjalan dengan baik. Untuk melakukannya, buka file “config.php” yang ada di dalam folder “cbt”. Ubah baris kode berikut:$server = ‘localhost’;$username = ‘user_database’;$password = ‘password_database’;$database = ‘nama_database’;Ganti “user_database” dengan nama pengguna database yang telah kamu buat tadi, ganti “password_database” dengan password database yang telah kamu buat, dan ganti “nama_database” dengan nama database yang telah kamu buat. Simpan perubahan yang telah kamu lakukan.

Langkah 7 – Akses Candy CBT

Setelah semua langkah di atas telah dilakukan, maka Candy CBT siap digunakan. Untuk mengaksesnya, buka browser dan ketikkan alamat website. Kemudian masukkan akun login yang telah kamu buat saat konfigurasi Candy CBT tadi.

Kesimpulan

Menginstal Candy CBT di cPanel ternyata cukup mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menginstal dan menggunakan Candy CBT di website kamu.

FAQs

1. Apakah saya harus membeli lisensi untuk menginstal Candy CBT?Tidak, Candy CBT tersedia secara gratis untuk diunduh dan digunakan.2. Apakah Candy CBT hanya dapat digunakan pada cPanel?Tidak, Candy CBT dapat digunakan pada berbagai platform hosting.3. Apakah Candy CBT dapat digunakan untuk jenis pembelajaran apa saja?Ya, Candy CBT dapat digunakan untuk berbagai jenis pembelajaran, mulai dari kelompok kecil hingga skala besar.

Table

Langkah Deskripsi
1 Persiapkan file Candy CBT dan akses ke cPanel
2 Upload file Candy CBT ke folder “cbt” di cPanel
3 Eksrak file Candy CBT ke folder “cbt” di cPanel
4 Buat database baru di cPanel
5 Import file database dari folder Candy CBT ke database baru di cPanel
6 Konfigurasi file Candy CBT
7 Akses dan gunakan Candy CBT di website kamu

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!