Cara Install Joomla Manual melalui cPanel

Cara Install Joomla Manual melalui cPanel

Hai, pembaca yang budiman! Apakah Anda sedang mencari tutorial tentang cara menginstall Joomla secara manual melalui cPanel? Jika ya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah yang mudah diikuti untuk membantu Anda memulai dengan Joomla.

Langkah 1: Download Paket Instalasi Joomla

Langkah pertama dalam menginstall Joomla adalah dengan mendownload paket instalasi dari situs web resmi Joomla. Pastikan bahwa Anda mendownload versi terbaru dari Joomla agar mendapatkan fitur-fitur terbaru dan keamanan yang lebih baik.Setelah file instalasi Joomla telah diunduh, pastikan Anda menyimpannya ke dalam folder lokal di komputer Anda.

Langkah 2: Upload Paket Instalasi ke cPanel

Setelah Anda mengunduh paket instalasi Joomla, langkah selanjutnya adalah mengunggahnya ke cPanel Anda. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke cPanel dan membuka bagian File Manager. Lalu, buat folder baru di dalam File Manager dan pilih folder tersebut.Setelah itu, klik tombol “Upload” dan pilih paket instalasi Joomla yang telah Anda unduh tadi. Setelah proses upload selesai, klik tombol “Extract” untuk mengekstrak paket instalasi Joomla ke dalam folder baru.

Langkah 3: Buat Database MySQL di cPanel

Sebelum Anda bisa menginstal Joomla, Anda perlu membuat database MySQL di cPanel Anda. Untuk melakukan ini, masuk ke cPanel dan buka bagian “MySQL Databases”.Setelah itu, buat database baru dengan memberikan nama yang mudah diingat dan mengisi nama pengguna dan kata sandi untuk akun MySQL Anda.

Langkah 4: Mulai Instalasi Joomla

Setelah semua persiapan telah dilakukan, saatnya untuk memulai instalasi Joomla. Untuk melakukannya, buka browser web Anda dan ketikkan alamat URL situs Anda diikuti dengan /install. Contohnya, jika situs Anda bernama mysite.com, maka alamat URL instalasi akan menjadi mysite.com/install.Setelah muncul tampilan halaman awal instalasi Joomla, klik tombol “Next” untuk melanjutkan ke halaman selanjutnya.

Langkah 5: Konfigurasi Instalasi Joomla

Halaman konfigurasi instalasi Joomla berisi informasi tentang database, nama situs, dan pengaturan server. Pastikan Anda mengisi semua informasi yang diperlukan dengan benar dan klik tombol “Next” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah 6: Pilih Bahasa dan Template Joomla

Langkah selanjutnya adalah memilih bahasa dan template Joomla yang ingin digunakan. Joomla menyediakan banyak template yang dapat Anda gunakan untuk membuat tampilan situs yang menarik dan fungsional.Setelah memilih bahasa dan template, klik tombol “Next” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah 7: Selesai

Setelah selesai melakukan instalasi Joomla, Anda akan melihat halaman konfirmasi berhasil. Klik tombol “Remove installation folder” untuk menghapus folder instalasi Joomla dari server.Joomla sekarang siap digunakan! Anda dapat masuk ke panel administrator Joomla dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang telah Anda buat selama proses instalasi.

Kesimpulan

Nah, itulah cara menginstall Joomla secara manual melalui cPanel yang mudah diikuti. Pastikan Anda mengikuti semua langkah-langkah dengan benar dan memastikan bahwa setiap informasi yang dimasukkan telah diisi dengan benar.Joomla adalah platform CMS yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan situs web Anda. Dalam waktu singkat, situs web Anda bisa terlihat profesional dan mudah diakses oleh pengunjung.Sekian artikel kami kali ini. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!