Cara Install PhpMyAdmin di Ubuntu

Salam Sobat RuangTeknologi, kali ini kita akan membahas tentang cara menginstall PhpMyAdmin di Ubuntu. PhpMyAdmin merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola basis data pada server dan sangat berguna bagi para developer dan administrator web. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail langkah-langkah instalasi PhpMyAdmin di Ubuntu.

Langkah 1: Memastikan Server Sudah Terinstal Apache, MySQL dan PHP

Sebelum kita mulai menginstall PhpMyAdmin, pastikan server Ubuntu sudah terinstal Apache, MySQL, dan PHP terlebih dahulu. Jika belum terinstal, lakukan instalasi dengan perintah:

sudo apt-get update

sudo apt-get install apache2

sudo apt-get install mysql-server

sudo apt-get install php php-mysql

Setelah melakukan instalasi, pastikan untuk mengaktifkan Apache dan MySQL dengan perintah:

sudo systemctl enable apache2

sudo systemctl enable mysql

Langkah 2: Install PhpMyAdmin

Setelah memastikan bahwa server sudah terinstal Apache, MySQL, dan PHP, langkah selanjutnya adalah menginstall PhpMyAdmin. Lakukan instalasi dengan perintah:

sudo apt-get install phpmyadmin

Kemudian akan muncul dialog box konfirmasi, pilih opsi yang diminta yaitu “apache2″Setelah itu, masukkan password untuk mengamankan PhpMyAdmin

Langkah 3: Konfigurasi Apache untuk PhpMyAdmin

Setelah menginstall PhpMyAdmin, kita perlu mengkonfigurasi Apache untuk mengaktifkan PhpMyAdmin. Buka file konfigurasi Apache dengan perintah:

sudo nano /etc/apache2/apache2.conf

Tambahkan baris berikut di akhir file tersebut:

Include /etc/phpmyadmin/apache.conf

Setelah itu, restart Apache dengan perintah:

sudo systemctl restart apache2

Langkah 4: Akses PhpMyAdmin dari Browser

Setelah menginstal dan mengkonfigurasi PhpMyAdmin, kita dapat mengaksesnya melalui browser dengan mengetikkan alamat IP server diikuti dengan /phpmyadmin. Misalnya, jika alamat IP server adalah 192.168.1.1, kita dapat mengakses PhpMyAdmin dengan mengetikkan:

http://192.168.1.1/phpmyadmin

Setelah itu, masukkan username dan password yang sudah dibuat pada saat instalasi PhpMyAdmin.

Langkah 5: Menambah User pada PhpMyAdmin

Setelah mengakses PhpMyAdmin, kita dapat menambahkan user baru pada PhpMyAdmin. Klik Menu “User Accounts” dan kemudian klik tombol “Add user account”.Isi username dan password baru, setelah itu, centang “Create database with same name and grant all privileges” jika kita ingin memberi hak akses penuh pada user tersebut.

Langkah 6: Mengedit Hak Akses User pada PhpMyAdmin

Setelah menambahkan user pada PhpMyAdmin, kita dapat mengubah hak akses user tersebut dengan mengklik tombol edit.Pada bagian “Database for User”, kita dapat memilih database mana saja yang akan diberikan hak akses oleh user tersebut.

Langkah 7: Backup Database pada PhpMyAdmin

PhpMyAdmin menyediakan fitur backup database, sehingga kita dapat dengan mudah melakukan backup database pada server. Untuk melakukan backup, klik menu “Export” pada database yang ingin dibackup, lalu pilih format backup yang diinginkan dan klik “Go”.

Langkah 8: Impor Database pada PhpMyAdmin

Selain backup, PhpMyAdmin juga menyediakan fitur impor database. Untuk melakukan impor, klik menu “Import” pada phpMyAdmin, pilih file yang ingin diimpor, lalu klik “Go”.

Langkah 9: Mengganti Password PhpMyAdmin

Kita dapat mengganti password PhpMyAdmin dengan klik menu “Change Password” pada PhpMyAdmin. Isi password lama dan password baru, lalu klik “Go”.

Langkah 10: Logout dari PhpMyAdmin

Setelah selesai menggunakan PhpMyAdmin, jangan lupa logout dari PhpMyAdmin dengan mengklik tombol “Logout”.

Kesimpulan

Menginstall PhpMyAdmin di Ubuntu sangatlah mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah pada artikel ini, kita dapat melakukan instalasi dan konfigurasi PhpMyAdmin dengan mudah dan cepat. PhpMyAdmin sangat berguna bagi para developer dan administrator web dalam mengelola basis data pada server. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat RuangTeknologi. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Leave a Comment