Cara Install Ulang Core WordPress

Cara Install Ulang Core WordPress

Halo Sobat RuangTeknologi! Apakah kamu sedang mengalami masalah dengan core WordPress? Jangan khawatir, karena kali ini saya akan memberikan panduan tentang cara install ulang core WordPress. Sebelum kita mulai, pastikan kamu sudah mem-backup semua data dan file yang ada di website kamu. Jangan sampai kehilangan data penting karena proses install ulang ini.

Persiapan Sebelum Install Ulang Core WordPress

Sebelum melakukan proses install ulang core WordPress, kamu perlu mengecek terlebih dahulu beberapa hal sebagai persiapan. Pertama, pastikan kamu memiliki akses ke hosting atau server website. Kedua, pastikan kamu memiliki akses ke cPanel atau panel kontrol hosting yang kamu gunakan. Ketiga, pastikan kamu mempunyai akses ke database website. Terakhir, pastikan kamu sudah memiliki file instalasi core WordPress terbaru.

Langkah-langkah Install Ulang Core WordPress

Setelah persiapan dilakukan, kamu bisa langsung melakukan proses install ulang core WordPress dengan langkah-langkah berikut:

No. Langkah Keterangan
1 Unduh File Instalasi Core WordPress Terbaru Unduh file instalasi core WordPress terbaru dari website resmi WordPress. File instalasi ini berbentuk file zip.
2 Ekstrak File Instalasi Core WordPress Ekstrak file instalasi core WordPress yang sudah kamu unduh. Kamu bisa menggunakan aplikasi ekstrak file seperti WinRAR atau 7-Zip.
3 Hapus File wp-config.php Hapus file wp-config.php yang ada di direktori root website. File ini berisi informasi tentang database website. Jangan khawatir, file wp-config.php ini tidak akan terhapus selama proses penghapusan.
4 Hapus File wp-content Hapus folder wp-content yang ada di direktori root website. Folder ini berisi file-file tema, plugin, dan media yang sudah kamu upload. Jangan khawatir, folder wp-content ini tidak akan terhapus selama proses penghapusan.
5 Akses Website Lewat FTP atau File Manager Akses website kamu lewat FTP atau File Manager yang ada di cPanel atau panel kontrol hosting yang kamu gunakan.
6 Hapus Seluruh File dan Folder di Direktori Root Website Hapus seluruh file dan folder di direktori root website menggunakan FTP atau File Manager. Pastikan tidak ada file atau folder yang tersisa.
7 Upload File Instalasi Core WordPress ke Direktori Root Website Upload file instalasi core WordPress yang sudah diekstrak ke direktori root website menggunakan FTP atau File Manager.
8 Buat File wp-config.php Baru Buat file wp-config.php baru dengan informasi database website yang baru. Kamu bisa meminta informasi database baru dari hosting atau server yang kamu gunakan.
9 Buka Website melalui Browser Buka website kamu melalui browser. Kamu akan diarahkan ke installer WordPress yang akan membantu kamu melakukan installasi core WordPress.
10 Isi Formulir Instalasi WordPress Isi formulir instalasi WordPress dengan informasi yang sesuai seperti judul website, email admin, dan password admin.
11 Klik Tombol Install WordPress Setelah selesai mengisi formulir instalasi WordPress, klik tombol Install WordPress untuk memulai proses installasi core WordPress.
12 Selesai Setelah proses installasi selesai, kamu bisa masuk ke dashboard WordPress dengan menggunakan informasi login yang sudah kamu buat tadi.

Penutup

Nah, itulah cara install ulang core WordPress. Proses ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah pada core WordPress yang sudah terlalu kompleks. Ingat, backup data adalah hal yang sangat penting sebelum melakukan proses install ulang ini. Jangan sampai kehilangan data penting karena kelalaian. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari cara install ulang core WordPress. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. WordPress