Cara Membuat Aplikasi NextJS

Cara Membuat Aplikasi NextJS

Hai pembaca! Apakah kamu tertarik untuk membuat aplikasi menggunakan teknologi NextJS? Jika ya, artikel ini cocok untukmu. NextJS adalah framework JavaScript yang sangat populer di kalangan developer. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara membuat aplikasi NextJS dengan mudah dan dipahami oleh siapa saja.

Apa itu NextJS?

Sebelum membahas cara membuat aplikasi NextJS, mari kita bahas sedikit tentang apa itu NextJS. NextJS adalah framework React yang memungkinkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah. Framework ini memiliki fitur-fitur yang mempermudah pengembangan aplikasi seperti server-side rendering, static site generation, dan masih banyak lagi.

Langkah Pertama: Instalasi

Langkah pertama dalam membuat aplikasi NextJS adalah menginstal NextJS di komputer kita. Caranya adalah dengan menggunakan Node Package Manager (NPM) atau Yarn. Berikut adalah cara menginstal NextJS menggunakan NPM:

Buka terminal di komputer kamu dan ketikkan perintah berikut:

Perintah Deskripsi
npm init -y Untuk menginisialisasi proyek dengan file package.json yang kosong
npm install next react react-dom Untuk menginstal NextJS dan dependensi yang dibutuhkan

Setelah menginstal NextJS, kamu bisa mulai membuat aplikasi NextJS yang pertama.

Langkah Kedua: Membuat Halaman

Setelah menginstal NextJS, langkah selanjutnya adalah membuat halaman untuk aplikasi kita. NextJS sangat memudahkan pengembang untuk membuat halaman web dengan fitur server-side rendering (SSR) yang memungkinkan halaman website di-Render pada sisi server sebelum dikirim ke browser. Berikut adalah cara membuat halaman dengan NextJS:

Buat file baru dengan nama index.js pada direktori proyek kamu dan ketikkan kode berikut:

“`jsximport React from ‘react’function Index () {return (

)}export default Index;“`

Sekarang kamu sudah berhasil membuat halaman awal pada aplikasi kita, kamu bisa menambahkan konten lainnya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Langkah Ketiga: Routing

Setelah membuat halaman, kita perlu menambahkan routing pada aplikasi kita agar pengguna bisa berpindah halaman dengan mudah. NextJS menyediakan fitur routing yang sangat mudah digunakan.Berikut adalah cara menambahkan routing pada aplikasi NextJS:

Pertama, buat file baru dengan nama about.js pada direktori proyek kamu dan ketikkan kode berikut:

“`jsximport React from ‘react’function About () {return (

Kami adalah tim pengembang yang sangat mencintai teknologi dan selalu berusaha untuk menciptakan aplikasi yang inovatif dan bermanfaat.

)}export default About;“`

Setelah membuat file about.js, buka file index.js dan tambahkan kode berikut untuk membuat routing pada aplikasi kita:

“`jsximport React from ‘react’import Link from ‘next/link’function Index () {return (

Silahkan klik link berikut untuk menuju halaman About:

About

)}export default Index;“`

Sekarang jika kamu menjalankan aplikasi dengan perintah npm run dev, kamu akan melihat halaman utama dengan link ke halaman about.

Langkah Keempat: Deploying

Setelah selesai membuat aplikasi NextJS, sekarang saatnya untuk deploy aplikasi kita agar bisa diakses oleh pengguna. NextJS menyediakan beberapa cara untuk deploy aplikasi kita, salah satu caranya adalah dengan menggunakan Vercel.Berikut adalah cara melakukan deploy aplikasi NextJS dengan Vercel:

Langkah pertama adalah mendaftar akun di Vercel. Setelah berhasil mendaftar, buka terminal dan ketikkan perintah berikut untuk login:

“`bashvercel login“`

Selanjutnya, ketikkan perintah berikut untuk deploy aplikasi kita:

“`bashvercel“`

Setelah selesai, aplikasi kamu sudah bisa diakses melalui link yang diberikan oleh Vercel.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kamu telah belajar cara membuat aplikasi NextJS dengan cara yang mudah dan dipahami oleh siapa saja. Dalam proses pembuatan aplikasi, kamu mempelajari bagaimana menginstal NextJS, membuat halaman, menambahkan routing, dan melakukan deploy aplikasi menggunakan Vercel. Tidak hanya itu, aplikasi yang kita buat juga memiliki fitur-fitur unggulan seperti server-side rendering dan static site generation. Sehingga, aplikasi yang dibuat dengan NextJS memiliki performa yang baik dan cepat.Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam membuat aplikasi NextJS selanjutnya. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!