Cara Membuat Link Dofollow dan No Follow Link

Hai sobat teknologi, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat link dofollow dan no follow link. Sebelum memulai pembahasan, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu link dofollow dan no follow link.

Link Dofollow dan No Follow Link

Link dofollow adalah link yang memberikan pengaruh terhadap peringkat website di mesin pencari Google. Ketika website lain memberikan link dofollow ke website kita, maka website kita akan mendapatkan nilai yang lebih baik di mata Google.

Sedangkan no follow link adalah link yang tidak memberikan pengaruh terhadap peringkat website di mesin pencari Google. Ketika website lain memberikan link no follow ke website kita, maka link tersebut hanya berfungsi sebagai backlink, tidak memberikan pengaruh apapun terhadap peringkat website kita.

Cara Membuat Link Dofollow

Untuk membuat link dofollow, pertama-tama kita harus menambahkan atribut rel=”dofollow” pada link yang ingin kita buat. Atribut rel=”dofollow” ini menandakan kepada mesin pencari Google bahwa link yang kita buat adalah link yang memberikan pengaruh terhadap peringkat website kita di mesin pencari Google.

Cara mudah untuk membuat link dofollow adalah dengan menambahkan atribut rel=”dofollow” pada tag anchor. Berikut ini adalah contoh kode untuk membuat link dofollow:

<a href="https://www.contohwebsite.com" rel="dofollow">Link dofollow</a>

Dalam kode di atas, kita menambahkan atribut rel=”dofollow” pada tag anchor. Dengan begitu, link yang kita buat akan dikenali oleh mesin pencari Google sebagai link dofollow.

Cara Membuat Link No Follow

Untuk membuat link nofollow, kita harus menambahkan atribut rel=”nofollow” pada link yang ingin kita buat. Atribut rel=”nofollow” ini menandakan kepada mesin pencari Google bahwa link yang kita buat adalah link yang tidak memberikan pengaruh terhadap peringkat website kita di mesin pencari Google.

Cara mudah untuk membuat link nofollow adalah dengan menambahkan atribut rel=”nofollow” pada tag anchor. Berikut ini adalah contoh kode untuk membuat link nofollow:

<a href="https://www.contohwebsite.com" rel="nofollow">Link nofollow</a>

Dalam kode di atas, kita menambahkan atribut rel=”nofollow” pada tag anchor. Dengan begitu, link yang kita buat akan dikenali oleh mesin pencari Google sebagai link nofollow.

Perbedaan Link Dofollow dan No Follow Link

Perbedaan utama antara link dofollow dan no follow link adalah pada pengaruhnya terhadap peringkat website di mesin pencari Google. Link dofollow memberikan pengaruh positif terhadap peringkat website kita, sedangkan link no follow hanya berfungsi sebagai backlink dan tidak memberikan pengaruh apapun terhadap peringkat website kita.

Selain itu, link dofollow juga dapat memperkuat otoritas website kita di mata mesin pencari Google. Semakin banyak website berkualitas yang memberikan link dofollow ke website kita, maka semakin kuat otoritas website kita di mata mesin pencari Google.

Keuntungan dan Kerugian Link Dofollow dan No Follow Link

Keuntungan dari link dofollow adalah dapat meningkatkan peringkat website kita di mesin pencari Google. Semakin banyak website berkualitas yang memberikan link dofollow ke website kita, maka semakin tinggi peringkat website kita di mesin pencari Google. Selain itu, link dofollow juga dapat memperkuat otoritas website kita di mata mesin pencari Google.

Namun, terlalu banyak link dofollow yang berasal dari website yang tidak berkualitas juga dapat berdampak buruk pada peringkat website kita di mesin pencari Google. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan kualitas website yang memberikan link dofollow ke website kita.

Sedangkan keuntungan dari link nofollow adalah dapat menghindari risiko penalti dari mesin pencari Google. Jika kita memiliki terlalu banyak link dofollow yang berasal dari website yang tidak berkualitas, maka kita dapat terkena penalti dari mesin pencari Google. Dengan menggunakan link nofollow, kita dapat menghindari risiko tersebut.

Namun, kerugian dari link nofollow adalah tidak memberikan pengaruh terhadap peringkat website kita di mesin pencari Google.

Cara Membuat Link Dofollow dan No Follow Link di WordPress

Jika kita menggunakan platform WordPress, maka kita dapat menggunakan plugin untuk membuat link dofollow dan no follow link. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat link dofollow dan no follow link di WordPress:

  1. Buka halaman atau artikel yang ingin kita edit di WordPress.
  2. Pilih teks atau gambar yang ingin dibuat link.
  3. Klik ikon link di atas editor teks WordPress.
  4. Masukkan URL yang ingin dibuat link.
  5. Centang kotak “Open link in a new tab” jika ingin membuat link terbuka di tab baru.
  6. Pilih “Custom” pada opsi rel agar muncul opsi rel=”dofollow” dan rel=”nofollow”.
  7. Pilih rel=”dofollow” jika ingin membuat link dofollow, atau pilih rel=”nofollow” jika ingin membuat link no follow.
  8. Klik tombol “Add Link”.
  9. Simpan perubahan yang sudah dilakukan.

Dengan menggunakan plugin ini, kita dapat dengan mudah membuat link dofollow dan no follow link di WordPress tanpa harus mengetahui kode HTML.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara membuat link dofollow dan no follow link. Link dofollow dapat memberikan pengaruh positif terhadap peringkat website kita di mesin pencari Google, sedangkan link no follow hanya berfungsi sebagai backlink dan tidak memberikan pengaruh apapun terhadap peringkat website kita.

Kita juga telah membahas tentang keuntungan dan kerugian dari link dofollow dan no follow link. Penting bagi kita untuk memperhatikan kualitas website yang memberikan link dofollow ke website kita agar tidak terkena penalti dari mesin pencari Google.

Terakhir, kita juga telah membahas tentang cara membuat link dofollow dan no follow link di WordPress. Dengan menggunakan plugin, kita dapat dengan mudah membuat link dofollow dan no follow link di WordPress tanpa harus mengetahui kode HTML.

FAQs

Pertanyaan Jawaban
Apa itu link dofollow? Link dofollow adalah link yang memberikan pengaruh terhadap peringkat website di mesin pencari Google.
Apa itu link no follow? Link nofollow adalah link yang tidak memberikan pengaruh terhadap peringkat website di mesin pencari Google.
Apakah link dofollow lebih baik dari link no follow? Link dofollow dapat memberikan pengaruh positif terhadap peringkat website di mesin pencari Google, sedangkan link no follow hanya berfungsi sebagai backlink dan tidak memberikan pengaruh apapun terhadap peringkat website kita.
Bagaimana cara membuat link dofollow di WordPress? Kita dapat menggunakan plugin untuk membuat link dofollow di WordPress.
Bagaimana cara membuat link no follow di WordPress? Kita dapat menggunakan plugin untuk membuat link no follow di WordPress.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!