Cara Membuat Menu di WordPress untuk Pemula

Cara Membuat Menu di WordPress untuk Pemula

Hai Sobat Teknologi!

Selamat datang kembali di artikel kami tentang cara membuat menu di WordPress. Sebagai pemilik atau pengelola situs web di WordPress, mengetahui cara membuat menu sangat penting karena hal ini akan memudahkan pengunjung navigasi pada situs web Anda. Jadi, yuk kita mulai!

Sebelum kita memulai tutorial ini, pastikan Anda telah menyiapkan materi berupa halaman, postingan, atau kategori yang ingin Anda tambahkan ke dalam menu. Jika Anda belum memilikinya, silakan buat terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

Langkah 1: Masuk ke Menu WordPress

Pertama-tama, Anda perlu masuk ke dasbor WordPress. Di sini, silakan cari bagian “Appearance” di panel navigasi di sebelah kiri layar, kemudian klik “Menus”.

Langkah 2: Buat Menu Baru

Selanjutnya, Anda perlu membuat menu bar. Untuk membuatnya, klik “Create a new menu” di bagian atas layar dan berikan nama pada menu tersebut.

Langkah 3: Tambahkan Halaman, Postingan, atau Kategori ke Menu

Selanjutnya, tambahkan halaman, postingan, atau kategori ke dalam menu tersebut. Untuk melakukannya, gunakan menu navigasi di sebelah kiri layar, lalu pilih materi apa yang ingin Anda tambahkan. Setelah itu, klik “Add to Menu” dan materi tersebut akan langsung ditambahkan ke dalam menu baru Anda.

Langkah 4: Pengaturan Menu

Sekarang, kita akan mempelajari bagaimana mengatur menu yang telah dibuat. Klik salah satu materi yang telah ditambahkan pada menu, lalu arahkan ke kanan. Di sini, kamu dapat membuat submenu, mengatur urutan menu, dan mengubah tampilan menu.

Langkah 5: Pilih Lokasi Menu

Terakhir, tentukan lokasi menu pada situs web Anda. Lokasi pada tema WordPress mungkin berbeda-beda, tergantung pada tema yang Anda gunakan. Namun, secara default, WordPress menyediakan beberapa lokasi menu umum diantaranya primary menu, secondary menu, footer menu. Setelah ditentukan langsung klik “Save Menu”

Kesimpulan

Demikianlah tutorial kita hari ini, yang membahas tentang cara membuat menu di WordPress untuk pemula. Ingatlah untuk mempersiapkan materi sebelum membuat menu dan mengatur menu sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa terapkan teknik SEO agar situs Anda lebih mudah ditemukan oleh pengunjung dan peringkat lebih tinggi di mesin pencarian.

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah saya dapat menambahkan tautan menu eksternal pada situs web saya? Ya, bisa. Pilih Custom Links,masukkan URL sesuai tautan yang diinginkan dan tambahkan nama Teks tautannya. klik Add to Menu
2. Apakah saya dapat menghapus menu jika ternyata saya salah menambahkan materi? Ya, bisa. Pada halaman Menu, temukan materi yang ingin anda hapus pada daftar menu yang telah dibuat, lalu klik tombol “Remove”
3. Apakah saya dapat menambahkan menu navigasi ke header atau footer situs web saya? Ya, bisa. Pilih opsi Header atau Footer pada submenu “Menu Settings” dan klik “Save Menu”. Tampilan menu navigasi segera terlihat pada header atau footer situs web Anda.

Sekian, Semoga Artikel ini Bermanfaat Bagi Anda

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda membuat menu di situs web WordPress dengan mudah. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan. Sampai jumpa di artikel menarik kami selanjutnya!