Cara Mempercepat Loading Blog Menggunakan Gambar Progressive JPEG

Cara Mempercepat Loading Blog Menggunakan Gambar Progressive JPEG

Hai pembaca!

Apabila kamu seorang blogger, tentunya kamu ingin agar blogmu bisa diakses dengan cepat oleh para pembaca. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan loading suatu blog adalah ukuran gambar yang digunakan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara mempercepat loading blog menggunakan gambar progressive JPEG.Mungkin, kamu sudah sering mendengar tentang format JPEG. Namun, tahukah kamu bahwa ada format JPEG lain yang lebih efektif dalam mempercepat loading gambar pada blog, yaitu progressive JPEG?

Apa itu gambar progressive JPEG?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mempercepat loading blog menggunakan gambar progressive JPEG, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu gambar progressive JPEG.Gambar progressive JPEG adalah format gambar yang dirancang untuk mempercepat proses loading gambar pada website atau blog. Gambar ini dapat diakses secara bertahap, sehingga meskipun proses loading belum selesai, para pembaca tetap dapat melihat gambar tersebut.Dalam gambar JPEG konvensional, proses loading dilakukan secara berurutan dari bagian atas ke bawah, sehingga para pembaca harus menunggu hingga proses loading selesai. Namun, pada gambar progressive JPEG, proses loading dilakukan secara bertahap dari bagian atas ke bawah, sehingga para pembaca dapat melihat gambar tersebut meskipun proses loading belum selesai.

Bagaimana cara membuat gambar progressive JPEG?

Untuk membuat gambar progressive JPEG, kamu bisa menggunakan software editing gambar seperti Adobe Photoshop atau GIMP. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat gambar progressive JPEG menggunakan Adobe Photoshop:

  1. Buka gambar yang ingin kamu edit di Adobe Photoshop.
  2. Pilih menu “File” -> “Save As”.
  3. Pilih format “JPEG” dan atur kualitas gambar sesuai dengan kebutuhan.
  4. Centang pilihan “Progressive” pada bagian “Options”.
  5. Klik “Save” dan gambar progressive JPEGmu siap digunakan.

Keuntungan menggunakan gambar progressive JPEG pada blog

Terdapat beberapa keuntungan yang dapat kamu dapatkan dengan menggunakan gambar progressive JPEG pada blogmu, yaitu:

  1. Mempercepat loading gambar pada blog
  2. Memiliki tampilan gambar yang lebih baik
  3. Memperkecil ukuran file gambar
  4. Menjaga kualitas gambar meskipun diakses melalui koneksi internet yang lambat

Cara mengecek apakah suatu gambar adalah gambar progressive JPEG

Untuk mengecek apakah suatu gambar adalah gambar progressive JPEG, kamu dapat menggunakan software image viewer seperti IrfanView atau FastStone Image Viewer. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek jenis gambar pada FastStone Image Viewer:

  1. Buka gambar yang ingin kamu cek di FastStone Image Viewer.
  2. Klik kanan pada gambar dan pilih “Information…”.
  3. Pada bagian “Format”, akan tertera jenis format gambar tersebut. Apabila terdapat tulisan “Progressive”, berarti gambar tersebut merupakan gambar progressive JPEG.

Cara mempercepat loading blog menggunakan gambar progressive JPEG

Setelah memahami apa itu gambar progressive JPEG dan keuntungannya, berikut adalah cara mempercepat loading blog menggunakan gambar progressive JPEG:

  1. Pilihlah gambar yang sesuai ukuran dan kualitasnya. Semakin besar ukuran dan kualitas gambar, maka semakin lama juga waktu loadingnya.
  2. Cara compress gambar yang efektif, tanpa mengurangi kualitas gambar. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan software seperti TinyPNG atau Compressor.io untuk mengcompress gambar dengan kualitas yang masih baik.
  3. Gunakan gambar progressive JPEG pada blog. Dalam hal ini, kamu bisa mengedit gambar dengan software seperti Adobe Photoshop dan memilih opsi “Progressive” saat menyimpan gambar.

Kesimpulan

Gambar progressive JPEG adalah format gambar yang dirancang untuk mempercepat proses loading gambar pada website atau blog. Dalam gambar JPEG konvensional, proses loading dilakukan secara berurutan dari bagian atas ke bawah, sehingga para pembaca harus menunggu hingga proses loading selesai. Namun, pada gambar progressive JPEG, proses loading dilakukan secara bertahap dari bagian atas ke bawah, sehingga para pembaca dapat melihat gambar tersebut meskipun proses loading belum selesai. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan gambar progressive JPEG untuk mempercepat loading gambar pada blogmu dengan cara memilih gambar yang sesuai ukuran dan kualitasnya, menggunakan software untuk mengcompress gambar dengan kualitas yang masih baik, dan memilih opsi “Progressive” saat menyimpan gambar.Sekian artikel kali ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Keywords: loading blog, gambar progressive JPEG, format gambar, cara mempercepat, software editing gambar, keuntungan menggunakan gambar progressive JPEG, mengecek jenis gambar, compress gambar, ukuran gambar, kualitas gambar
Sumber: Hostinger
Gambar: Pixabay