Cara Menampilkan Jumlah Pengunjung di Blog untuk Setiap Artikel

Cara Menampilkan Jumlah Pengunjung di Blog untuk Setiap Artikel

Halo Sobat RuangTeknologi!

Apakah kamu ingin mengetahui berapa banyak pengunjung yang membaca setiap artikel di blog kamu? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menampilkan jumlah pengunjung pada tiap artikel. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pertama-tama, kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk mendapatkan informasi detail tentang pengunjung di blog kamu, termasuk seberapa banyak pengunjung yang membaca tiap artikel. Setelah mendaftar dan memasang kode pelacakan, kamu dapat melihat laporan pengunjung di bagian “Perilaku” dan “Laman” pada menu.

Namun, bila kamu ingin menampilkan jumlah pengunjung pada tiap artikel tanpa mengandalkan Google Analytics, kamu bisa menggunakan beberapa tools atau plugin yang tersedia. Salah satu plugin yang sering digunakan adalah Jetpack WordPress. Plugin ini juga memungkinkan kamu untuk menampilkan jumlah pengunjung pada halaman depan atau widget samping.

Berikut langkah-langkah cara mengaktifkan fitur statistik pengunjung artikel pada Jetpack WordPress:

Langkah Keterangan
1 Install dan aktifkan Jetpack WordPress pada website kamu
2 Klik tombol “Jetpack” pada menu utama WordPress
3 Klik “Akun WordPress.com” dan login menggunakan akun WordPress.com kamu
4 Klik “Aktifkan fitur” pada bagian “Statistik Pengunjung”
5 Buka halaman artikel pada editor WordPress dan aktifkan fitur “Tampilkan pengunjung” pada bagian “Diskusi”
6 Simpan perubahan dan lihat hasilnya pada halaman artikel

Dengan fitur ini, kamu bisa melihat jumlah pengunjung pada tiap artikel secara langsung tanpa harus membuka Google Analytics.

Namun, terkadang ada juga plugin yang tidak kompatibel dengan tema WordPress atau versi WordPress yang kamu gunakan. Oleh karena itu, sebelum menginstal plugin, pastikan plugin tersebut cocok dengan tema dan WordPress yang kamu gunakan.

Ada beberapa alternatif plugin yang bisa kamu gunakan selain Jetpack WordPress, seperti Google Analytics Dashboard untuk WP, WP Statistics atau Statify. Plugin-plugin ini juga dapat membantu dalam menampilkan jumlah pengunjung pada tiap artikel.

Oh ya, harus diingat bahwa menampilkan jumlah pengunjung pada setiap artikel tidak hanya sekadar membuat tampilan blog lebih menarik, namun juga dapat membantu kamu dalam mengevaluasi performa blog dan mengetahui artikel yang paling banyak dibaca pengunjung. Selain itu, kamu bisa mengetahui tema atau topik artikel yang paling digemari oleh pembaca.

Jadi, itulah beberapa cara menampilkan jumlah pengunjung di blog untuk setiap artikel. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengetahui skala popularitas artikel yang kamu tulis. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Terima kasih Sobat RuangTeknologi!

Kesimpulan

Menampilkan jumlah pengunjung pada setiap artikel di blog dapat membantu kamu dalam mengevaluasi performa blog dan mengukur popularitas artikel. Selain menggunakan Google Analytics, kamu bisa menggunakan plugin seperti Jetpack WordPress, Google Analytics Dashboard untuk WP, WP Statistics atau Statify. Pastikan plugin yang kamu gunakan cocok dengan tema dan versi WordPress yang kamu gunakan. Jadi, jangan ragu untuk menampilkan jumlah pengunjung pada blog kamu dan terus berinovasi!