Cara Menggunakan IFTTT untuk Mempermudah Kehidupan Anda

Cara Menggunakan IFTTT untuk Mempermudah Kehidupan Anda

Hai, apakah Anda pernah merasa kesulitan dalam mengelola pekerjaan dan aktivitas harian Anda? Bagaimana jika kami katakan ada sebuah alat yang dapat membantu Anda menghemat waktu dan energi dalam menjalankan aktivitas Anda setiap hari? Yes, Anda benar! Kami bercakap tentang IFTTT.

Apa itu IFTTT?

IFTTT merupakan kependekan dari If This Then That, sebuah layanan web dan aplikasi yang memungkinkan Anda membuat alur kerja otomatis antara berbagai aplikasi populer yang digunakan sehari-hari, seperti Instagram, Facebook, Gmail, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, Anda dapat membuat tindakan di satu aplikasi untuk memicu kejadian di aplikasi lainnya.

Cara Menggunakan IFTTT

Pertama-tama, Anda perlu mendaftar ke layanan IFTTT. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke dasbor IFTTT. Di sana, Anda dapat memulai dengan membuat resep – kombinasi antara suatu tindakan dan kejadian yang akan memicunya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, IFTTT menggunakan konsep “If This Then That”. Ini berarti Anda dapat membuat resep yang memicu tindakan tertentu setelah suatu kejadian terjadi. Misalnya, jika Anda ingin menyimpan setiap foto yang Anda unggah di Instagram ke Google Drive, Anda dapat membuat resep dengan memilih “Instagram” untuk kejadian dan “Google Drive” untuk tindakan.

Memiliki Channel di IFTTT

Sebelum membuat resep, pastikan Anda memiliki channel yang dibutuhkan. Channel adalah aplikasi atau layanan tertentu yang terhubung ke IFTTT. Misalnya, jika Anda ingin membuat resep yang memicu tindakan Gmail, pastikan Anda telah menambahkan channel Gmail ke akun IFTTT Anda.

Cara Membuat Resep di IFTTT

Untuk membuat resep di IFTTT, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih channel yang ingin Anda gunakan untuk kejadian.
  2. Pilih kejadian tertentu yang akan memicu tindakan.
  3. Pilih channel lain untuk tindakan tersebut.
  4. Tentukan tindakan yang ingin Anda lakukan.
  5. Atur detail resep sesuai kebutuhan.
  6. Simpan resep dan nyalakan dengan menekan tombol “Turn On”.

Contoh Penggunaan IFTTT

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan IFTTT dalam kehidupan sehari-hari:

Resep Kejadian Tindakan
Simpan setiap foto Instagram ke Dropbox Mengunggah foto baru di Instagram Membuat salinan file foto ke folder Dropbox
Simpan email penting ke Google Drive Menerima email dengan label “penting” Membuat salinan file email ke folder Google Drive
Tambahkan tweet ke Google Sheet Mengirimkan tweet baru di Twitter Menambahkan baris baru ke Google Sheet dengan informasi tweet

Kesimpulan

IFTTT adalah sebuah alat yang sangat berguna untuk mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Dengan membuat resep di IFTTT, kita dapat menghemat waktu dan energi dalam melakukan aktivitas harian kita. Dengan menghubungkan aplikasi yang berbeda dan membuat tindakan otomatis, kita dapat mempercepat pekerjaan dan meminimalkan kesalahan. Cobalah IFTTT hari ini dan lihat bagaimana ini akan membantu memudahkan hidup Anda!

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Selanjutnya!