Cara Menghilangkan Powered WordPress

Cara Menghilangkan Powered WordPress

Hai, Teman-teman!

Apakah Anda pernah melihat tulisan “Powered by WordPress” di bagian bawah situs web Anda? Tulisan tersebut muncul karena memang WordPress adalah platform yang digunakan untuk membangun situs web Anda. Namun, beberapa pengguna ingin menghilangkan tulisan tersebut untuk alasan estetika atau branding. Nah, pada artikel ini, saya akan memberikan cara untuk menghilangkan powered WordPress dengan mudah.

Pertama-tama, Anda perlu tahu bahwa menghilangkan powered WordPress merupakan langkah yang legal dan dibenarkan oleh WordPress sendiri. Namun, pastikan bahwa Anda melakukan hal ini dengan benar dan hati-hati. Andai ternyata terjadi kesalahan, langkah yang sudah diambil malah bisa merusak situs web Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan backup sebelum memulai tutorial ini.

Cara Menghilangkan Powered WordPress

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah login ke dalam dashboard WordPress Anda. Setelah masuk, pilih “Appearance” kemudian “Editor”. Anda akan diarahkan ke halaman baru yang menampilkan file-file tema WordPress Anda.

Carilah file bernama footer.php di dalam folder theme Anda. Jika Anda menggunakan theme yang berbeda, nama file ini bisa bervariasi. Jangan khawatir, biasanya file-file ini berada di bawah folder “theme”.

Klik pada file footer.php. Kemudian, di dalam kode, cari baris berikut:

<div id="site-info"><a href="

Baris ini adalah kode yang menampilkan tulisan "Powered by WordPress" di bagian bawah situs web Anda. Untuk menghilangkan tulisan tersebut, hapus baris tersebut dan simpan perubahan yang telah dilakukan.

Selamat! Anda berhasil menghilangkan tulisan "Powered by WordPress" di situs web Anda. Refresh situs web Anda dan lihatlah hasilnya.

Alternatif Cara Menghilangkan Powered WordPress

Ada cara lain untuk menghilangkan tulisan "Powered by WordPress" selain dengan mengedit kode pada file footer.php. Caranya adalah dengan menggunakan plugin WordPress.

Anda dapat menggunakan plugin "Remove "Powered by WordPress" Credit", yang dapat diunduh dan diinstal dari direktori plugin WordPress. Setelah menginstal plugin tersebut, aktifkan plugin dan kontrol penuh atas tulisan "Powered by WordPress" akan ada di tangan Anda.

Penutup

Sekarang Anda tahu cara menghilangkan tulisan "Powered by WordPress" dengan mudah. Namun, ingat bahwa menampilkan tulisan tersebut merupakan cara yang baik untuk mempromosikan platform WordPress. Jadi, pastikan bahwa Anda benar-benar mempertimbangkan keputusan ini sebelum melakukan tindakan. Selamat mencoba!

Nama Penulis Akira
Tanggal Publikasi 26 Juni 2022

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!