Core Web Vitals: Bagaimana Mereka Mempengaruhi Pengalaman Pengguna Anda

Core Web Vitals: Bagaimana Mereka Mempengaruhi Pengalaman Pengguna Anda

Hai Sobat Teknologi, Apa itu Core Web Vitals?

Core Web Vitals adalah faktor yang diukur oleh Google untuk menilai pengalaman pengguna pada website Anda. Mereka lebih fokus pada ketiga aspek ini: kecepatan muatan halaman, waktu interaktif, dan kestabilan visual. Target dari Core Web Vitals adalah menjadi alat yang berguna bagi para pengembang web untuk membuat situs yang lebih cepat, lebih interaktif, dan lebih stabil.

Kenapa Core Web Vitals Penting?

Setiap situs web ingin mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari, dan Core Web Vitals sangat penting dalam meraih hal tersebut. Google telah menegaskan bahwa Core Web Vitals akan menjadi faktor penilaian yang signifikan dalam penilaian peringkat di masa depan. Penting untuk memastikan situs web Anda memenuhi standar dan tidak memiliki masalah apa pun dengan Core Web Vitals.

Apa Saja Core Web Vitals yang Perlu Anda Ketahui?

Tiga Core Web Vitals yang harus Anda ketahui adalah: loading speed, interactivity, dan visual stability. Selain itu, ada beberapa metric lain yang juga perlu dipertimbangkan.

Loading Speed (kecepatan muatan halaman)

Loading speed adalah metric yang menilai seberapa cepat halaman situs web Anda terbuka. Idealnya, waktu muatan halaman situs web Anda harus kurang dari 2 detik untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal.

Interactivity (waktu interaktif)

Interactivity menilai seberapa cepat situs web Anda merespons input pengguna, seperti klik link atau memuat halaman baru. Idealnya, waktu interaktif situs web Anda harus kurang dari 100 milidetik.

Visual Stability (kestabilan visual)

Visual Stability menilai seberapa stabil tampilan visual dari halaman situs web Anda ketika itu dimuat atau dirender oleh browser. Misalnya, saat pengguna beralih antara dua halaman, apakah elemen tampilan seperti gambar atau tombol bergerak, saling bertukar tempat atau berubah ukuran tiba-tiba. Idealnya, kestabilan visual situs web Anda harus sama dengan 75%.

Bagaimana Anda Dapat Meningkatkan Core Web Vitals pada Situs Web Anda?

Ada beberapa cara untuk meningkatkan Core Web Vitals pada situs web Anda:

1. Mengoptimalkan gambar dan media untuk mempercepat waktu muatan halaman

Gambar dan media dapat memakan waktu untuk dimuat, jadi pastikan untuk mengoptimalkan semuanya dan mengurangi ukuran file sebanyak mungkin. Anda bisa menggunakan plugin seperti Imagify atau ShortPixel untuk membantu Anda.

2. Menginstal plugin cache untuk mempercepat waktu muatan halaman

Plugin cache memungkinkan situs web Anda untuk memuat halaman lebih cepat dengan menyimpan salinan halaman di server atau browser pengguna.

3. Memperbarui tema atau mengganti hosting penyedia yang lebih cepat

Tema yang dimiliki situs web Anda atau hosting yang digunakan dapat mempengaruhi kecepatan muatan halaman Anda. Maka dari itu, pastikan untuk memilih tema dengan kode yang efisien dan memperbarui hosting untuk yang lebih cepat dan handal.

4. Menggunakan teknologi baru seperti HTTP/2 atau HTTP/3

HTTP/2 dan HTTP/3 adalah protokol transfer yang lebih cepat dan lebih aman daripada versi sebelumnya. Penggunaan protokol yang lebih baru dapat meningkatkan kecepatan muatan halaman dan kestabilan visual pada situs web Anda.

FAQs

Apakah Anda Harus Memperbaiki Semua Core Web Vitals?

Ideally, Anda harus memperbaiki semua Core Web Vitals pada situs web Anda. Namun, jika Anda memiliki sumber daya terbatas dan tidak dapat memperbaiki semuanya, fokuslah pada yang paling mempengaruhi pengalaman pengguna.

Apakah Google Akan Selalu Mengubah Core Web Vitals?

Google selalu mencoba meningkatkan algoritme peringkat mereka untuk mengakomodasi tren terbaru dan meningkatkan pengalaman pengguna. Ini berarti bahwa Core Web Vitals mungkin berubah atau diperbarui di masa depan.

Apa Yang Terjadi Jika Situs Web Anda Tidak Memenuhi Core Web Vitals?

Jika situs web Anda tidak memenuhi Core Web Vitals, itu akan mempengaruhi peringkat situs web Anda di mesin pencari dan dapat menyebabkan pengguna tidak nyaman saat menggunakannya.

Tabel Penilaian Core Web Vitals

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Core Web Vitals dan bagaimana cara mengevaluasi mereka, lihat tabel berikut:

Core Web Vital Target
Loading speed Kurang dari 2 detik
Interactivity Kurang dari 100 milidetik
Visual Stability Sama dengan 75%

Kesimpulan

Core Web Vitals merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih peringkat teratas pada mesin pencari Google. Pastikan situs web Anda memenuhi standar dan tidak memiliki masalah apa pun dengan Core Web Vitals. Ada beberapa cara untuk meningkatkan Core Web Vitals, seperti mengoptimalkan gambar dan media atau menginstal plugin cache. Ingatlah bahwa selalu ada kemungkinan Google akan mengubah Core Web Vitals di masa depan, jadi pastikan untuk tetap memperbarui situs web Anda untuk mengikuti tren terbaru. Terima kasih sudah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!