Mengenal Google UTM

Mengenal Google UTM

Halo, pembaca setia yang sedang mencari informasi tentang Google UTM. Apa itu Google UTM? Google UTM adalah alat yang digunakan untuk melacak sumber pengunjung pada berbagai jenis media. Jika Anda ingin mengetahui apakah kampanye pemasaran Anda berhasil atau tidak, maka Google UTM adalah solusinya.

Apa itu UTM?

UTM merupakan singkatan dari Urchin Tracking Module. Tool ini dikembangkan oleh Urchin Software Corporation sebelum dibeli oleh Google pada tahun 2005. Pengembangan UTM ini bertujuan untuk memudahkan orang dalam melacak sumber pengunjung pada berbagai media.

Bagaimana Google UTM Bekerja?

Google UTM bekerja dengan memasukkan beberapa parameter ke dalam URL setiap kali pengunjung mengakses website. Parameter tersebut mencakup kampanye, sumber, dan medium pengunjung. Dengan menggunakan parameter tersebut, Anda dapat mengetahui pengunjung berasal dari mana dan melalui media apa.

Keuntungan Menggunakan Google UTM

Ada banyak keuntungan dari menggunakan Google UTM di antaranya adalah:

Keuntungan Keterangan
Mengetahui Sumber Pengunjung Dengan mengetahui sumber pengunjung, Anda dapat mengoptimalkan kampanye pemasaran untuk mencapai target audience dengan lebih efektif.
Mengetahui Jenis Media Dengan mengetahui jenis media, Anda dapat mengoptimalkan konten pemasaran Anda agar lebih sesuai dengan karakteristik masing-masing media.
Mengetahui Kinerja Kampanye Dengan mengetahui kinerja kampanye, Anda dapat mengevaluasi dan meningkatkan strategi pemasaran Anda agar lebih efektif.

Cara Menggunakan Google UTM

Cara menggunakan Google UTM cukup mudah. Pertama, Anda harus membuat URL dengan parameter UTM. Parameter UTM terdiri dari UTM Campaign, UTM Source, UTM Medium, UTM Term, dan UTM Content.

  1. UTM Campaign
  2. UTM Campaign digunakan untuk menentukan nama kampanye Anda. Kampanye bisa berupa program promosi, kontes, dan banyak lagi.

  3. UTM Source
  4. UTM Source digunakan untuk menentukan sumber trafik atau tempat dimana pengunjung meng-klik link Anda. Contohnya Facebook, Twitter, atau email newsletter.

  5. UTM Medium
  6. UTM Medium digunakan untuk menentukan jenis media yang digunakan untuk mempromosikan kampanye. Contohnya Facebook Ads, PPC atau Email Promotion.

  7. UTM Term
  8. UTM Term digunakan untuk memasukkan keyword tertentu yang digunakan dalam kampanye. Contohnya, jika Anda menggunakan iklan PPC, term ini bisa digunakan untuk menambahkan kata kunci yang digunakan dalam iklan.

  9. UTM Content
  10. UTM Content digunakan untuk menentukan konten spesifik pada kampanye yang diiklankan. Contohnya, jika Anda memiliki dua jenis iklan Facebook yang berbeda, Anda bisa menggunakan UTM Content untuk membedakan antara dua iklan tersebut.

Contoh Penggunaan Google UTM

Misalkan Anda sedang melakukan kampanye promosi melalui email newsletter. Anda dapat menambahkan parameter UTM ke dalam link di email tersebut.

Contoh URL yang telah ditambahkan parameter UTM: https://www.contohwebsite.com/?utm_campaign=summer_sale&utm_source=newsletter&utm_medium=email

Contoh di atas menunjukkan bahwa pengunjung yang mengakses website melalui link dalam email newsletter yang memiliki kampanye Summer Sale, berasal dari newsletter, dan medium pengunjung adalah email.

Kesimpulan

Google UTM adalah alat yang efektif dalam melacak sumber pengunjung pada berbagai jenis media. Dengan menggunakan Google UTM, Anda dapat mengetahui apakah kampanye pemasaran Anda berhasil atau tidak. Gunakan parameter UTM pada link website Anda untuk mendapatkan informasi yang detail mengenai sumber, media, dan nama kampanye Anda.

Selamat menggunakan Google UTM dan sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya!