Gutenberg 14.2: Mengenal Update Terbaru Editor WordPress

Gutenberg 14.2: Mengenal Update Terbaru Editor WordPress

Halo, Sobat RuangTeknologi!

Apakah kamu pengguna WordPress? Jika iya, pasti sudah tidak asing lagi dengan Gutenberg, editor bawaan WordPress yang diluncurkan pada tahun 2018. Editor ini memang memiliki tampilan yang lebih modern dan mudah digunakan dibandingkan editor WordPress sebelumnya. Namun, apakah kamu tahu bahwa Gutenberg kini telah mendapatkan update terbaru yaitu Gutenberg 14.2? Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang Gutenberg 14.2 dan apa saja fitur baru yang disediakannya.

Gutenberg 14.2 memang tidak banyak membawa perubahan besar pada antarmuka pengguna. Namun, update ini menyediakan berbagai fitur baru dan perbaikan bug sehingga pengguna dapat memiliki pengalaman pengeditan yang lebih baik. Berikut beberapa fitur baru yang disediakan oleh Gutenberg 14.2:

Fitur Baru Keterangan
Block Reordering Pengguna kini dapat mengubah urutan blok secara manual. Caranya cukup dengan mengklik tombol ‘Move Up’ atau ‘Move Down’.
Hover Previews Pengguna dapat melihat preview blok ketika mengarahkan kursor pada tautan atau blok tertentu.
Image Block Improvements Penambahan fitur untuk menambahkan title dan alt pada gambar, serta mengedit caption pada blok gambar.
Drag and Drop Uploads Pengguna dapat langsung menyeret dan menjatuhkan file di area pengeditan untuk mengunggahnya.

Selain fitur baru tersebut, Gutenberg 14.2 juga menyediakan beberapa perbaikan bug yang memperbaiki masalah penyimpanan draft, pengeditan CSS khusus, dan masih banyak lagi.

Tapi, apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Gutenberg 14.2?

Pertama, dengan fitur block reordering, pengguna dapat lebih mudah mengatur urutan blok yang ada di editor. Misalnya, jika kamu ingin memindahkan blok gambar ke bawah paragraf tertentu, kamu hanya perlu mengklik tombol ‘Move Down’. Fitur ini tentu akan mempercepat proses pengeditan konten di WordPress kamu.

Kedua, hover previews sangat membantu pengguna dalam melihat preview blok dengan lebih mudah dan cepat. Misalnya, jika kamu memiliki banyak blok tautan di artikel kamu, kamu dapat dengan mudah melihat preview tautan tersebut hanya dengan mengarahkan kursor pada tautan yang kamu inginkan.

Ketiga, penambahan fitur pada blok gambar memudahkan kamu dalam mengedit caption, title, dan alt pada gambar. Selain itu, drag and drop uploads juga mempercepat proses pengunggahan gambar atau file lainnya di editor.

Sebagai pengguna WordPress, tentu kamu sudah tidak sabar lagi untuk mencoba Gutenberg 14.2 bukan? Jangan khawatir, update ini dapat kamu peroleh dengan mudah di halaman pengaturan WordPress kamu.

Kesimpulan

Gutenberg 14.2 memberikan banyak fitur baru dan perbaikan bug yang akan mempermudah pengguna dalam mengedit konten di WordPress. Dengan fitur baru seperti block reordering, hover previews, dan penambahan fitur pada blok gambar, pengguna dapat mengedit konten dengan lebih mudah dan cepat. Jadi, segera perbarui editor WordPress kamu ke Gutenberg 14.2 dan nikmati fitur baru yang disediakannya.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat RuangTeknologi! Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.