MX Record: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

MX Record: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Halo Sobat RuangTeknologi!

Apakah kamu pernah mendengar istilah MX record? Jika kamu merupakan seorang pengelola website atau memiliki bisnis online, maka kamu pasti pernah mendengar istilah tersebut. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa itu MX record dan bagaimana cara kerjanya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

MX record adalah singkatan dari Mail Exchange record. MX record digunakan untuk menentukan server email mana yang akan menerima pesan email untuk domain tertentu. Dalam kata lain, MX record adalah sebuah instruksi yang mengarahkan ketika kamu mengirim email ke domain tertentu, email tersebut harus masuk ke server email yang mana.

Hal ini sangat penting, terutama jika kamu memiliki bisnis online yang menggunakan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan kamu. Dengan menggunakan MX record, kamu bisa memastikan bahwa email yang kamu kirim akan sampai ke server email yang benar dan tidak masuk ke spam folder.

Cara kerja dari MX record cukup sederhana. Ketika kamu mengirim email ke alamat email domain tertentu, server email kamu akan mencari MX record untuk domain tersebut. Setelah menemukan MX record, server email kamu akan mengirim email ke server email yang tercantum di MX record tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu mengirim email ke alamat email@contoh.com, server email kamu akan mencari MX record untuk domain contoh.com. Setelah menemukan MX record tersebut, server email kamu akan mengirim email ke server email yang tercantum di MX record tersebut.

Bagaimana Cara Memeriksa MX Record?

Untuk memeriksa MX record dari sebuah domain, kamu bisa menggunakan tools online seperti MX Lookup Tool. Kamu hanya perlu memasukkan domain yang ingin kamu periksa, dan tools tersebut akan menampilkan MX record dari domain tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan command prompt di komputer kamu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka command prompt dan mengetikkan perintah “nslookup -type=mx domain.com” (ganti domain.com dengan domain yang ingin kamu periksa).

Setelah itu, command prompt akan menampilkan MX record dari domain tersebut. Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut:

Name Type Value TTL
contoh.com MX 10 mx.contoh.com 3600
contoh.com MX 20 mx2.contoh.com 3600

Dari contoh di atas, MX record untuk domain contoh.com adalah mx.contoh.com dan mx2.contoh.com dengan prioritas masing-masing 10 dan 20.

Cara Mengelola MX Record

Untuk mengelola MX record, kamu harus memiliki akses ke DNS management dari domain yang ingin kamu atur MX record-nya. Jika kamu menggunakan layanan hosting untuk website kamu, biasanya layanan hosting tersebut juga menyediakan fitur untuk mengelola MX record.

Langkah-langkah untuk mengelola MX record biasanya cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke control panel atau DNS management dari domain kamu, dan mengubah MX record yang tercantum di sana.

Sebelum mengubah MX record, pastikan kamu sudah mengetahui server email mana yang ingin kamu gunakan. Jangan lupa pula untuk mengetahui prioritas dari MX record tersebut. Biasanya, server email dengan prioritas yang lebih rendah akan digunakan jika server email dengan prioritas yang lebih tinggi tidak merespon atau sedang bermasalah.

Kenapa MX Record Penting?

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu MX record dan bagaimana cara kerjanya. Namun, mengapa MX record sangat penting untuk website dan bisnis online?

MX record sangat penting karena email merupakan salah satu cara terpenting untuk berkomunikasi dengan pelanggan kamu. Jika email kamu sering masuk ke spam folder atau tidak terkirim sama sekali, maka kamu bisa kehilangan pelanggan dan kesempatan bisnis.

Dengan menggunakan MX record yang tepat, kamu bisa memastikan bahwa email kamu akan sampai ke server email yang benar dan tidak masuk ke spam folder. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan kamu dan membuka peluang bisnis yang lebih besar.

Kesimpulan

Maka dari itu, sebagai pengelola website atau bisnis online, kamu harus memperhatikan MX record dari domain kamu. Pastikan MX record yang kamu gunakan sudah sesuai dengan server email yang ingin kamu gunakan.

Untuk memeriksa MX record, kamu bisa menggunakan tools online atau command prompt di komputer kamu. Jika kamu ingin mengelola MX record, pastikan kamu sudah memiliki akses ke DNS management dari domain kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!