Node JS Adalah

Node JS Adalah

Menjelaskan Apa Itu Node JS

Hai Sobat Teknologi, kali ini kita akan membahas tentang Node JS. Node JS adalah platform yang digunakan untuk membuat aplikasi jaringan yang skalabel dan berdampak cepat. Node JS menggunakan bahasa pemrograman JavaScript dan dikembangkan oleh Ryan Dahl pada tahun 2009.

Node JS memungkinkan programmer untuk mengeksekusi kode JavaScript pada sisi server sebagai alternatif dari bahasa server yang umum digunakan seperti PHP dan Python. Node JS digunakan oleh perusahaan besar seperti Netflix, LinkedIn, dan PayPal.

Kelebihan Node JS

Node JS memiliki banyak kelebihan dibandingkan platform server side lainnya. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah:

Kelebihan Penjelasan
Single Threaded Node JS hanya menggunakan satu thread untuk mengatur banyak koneksi dan event. Hal ini membuat aplikasi jaringan menjadi lebih cepat dan efisien.
Asynchronous I/O Node JS mengikuti pola asynchronous I/O yang memungkinkan aplikasi jaringan untuk mengatur event event yang terjadi dengan efisien.
Open Source Node JS bersifat open source, sehingga kamu dapat memodifikasi kode sumbernya sesuai dengan kebutuhan.

Kegunaan dari Node JS

Node JS dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, diantaranya adalah:

1. Aplikasi Jaringan

Node JS cocok untuk digunakan dalam membuat aplikasi jaringan karena dapat menghandle banyak koneksi secara bersamaan.

2. IoT

Node JS juga bisa digunakan sebagai platform untuk Internet of Things (IoT) karena sangat mudah digunakan dan cocok untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan sensor dan data.

3. Aplikasi Real-Time

Node JS juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi real-time seperti game online dan chat.

Cara Menggunakan Node JS

Untuk menggunakan Node JS, kamu perlu menginstall Node JS dan NPM (Node Package Manager) terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa membuat file JavaScript dan menjalankannya di dalam terminal menggunakan perintah:

node namafilenya.js

Terkadang kamu juga membutuhkan package tambahan untuk mempermudah pengembangan aplikasi. Package-package tersebut dapat diinstall menggunakan NPM.

Kesimpulan

Node JS adalah platform server side JavaScript yang cepat dan efisien dengan banyak kelebihan. Node JS cocok digunakan untuk membuat aplikasi jaringan, IoT, dan aplikasi real-time. Node JS juga mudah digunakan dan bersifat open source.

FAQs

Q: Apa itu Node JS?

A: Node JS adalah platform server side JavaScript yang cepat dan efisien.

Q: Apa kelebihan Node JS?

A: Node JS memiliki banyak kelebihan diantaranya: single threaded, asynchronous I/O, dan open source.

Q: Apa yang bisa dijalankan menggunakan Node JS?

A: Kamu bisa menjalankan berbagai macam aplikasi termasuk aplikasi jaringan, IoT, dan aplikasi real-time.

Sampai Jumpa!

Terima kasih Sobat Teknologi telah membaca artikel ini. Jangan lupa kunjungi situs kami untuk mendapatkan artikel menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!