Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Halo! Jika Anda baru memulai dengan WordPress, Anda mungkin bertanya-tanya apa perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Keduanya memiliki nama yang sama, tetapi sebenarnya serupa namun berbeda. Artikel ini akan membahas perbedaan di antara keduanya.

WordPress.com

WordPress.com adalah platform penyedia hosting gratis yang dikembangkan oleh Automattic, perusahaan dibalik WordPress. Dengan menggunakan WordPress.com, Anda dapat membuat situs web gratis dengan domain WordPress.com Anda sendiri atau subdomain WordPress.com. Ada beberapa pilihan tema gratis dan premium yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik tampilan situs Anda. Namun, ada beberapa batasan pada WordPress.com.

Salah satu kekurangan besar WordPress.com adalah Anda tidak memiliki kontrol penuh atas situs Anda. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengakses kode sumber situs dan menginstal plugin atau tema khusus yang tidak disediakan oleh WordPress.com. Selain itu, iklan WordPress.com akan ditampilkan di situs Anda jika Anda menggunakan layanan hosting gratis mereka.

Jika Anda ingin menghapus iklan WordPress.com dan mendapatkan kontrol penuh atas situs Anda, Anda harus membeli paket berbayar dari WordPress.com. Paket berbayar menyediakan lebih banyak opsi dan fitur, seperti kustomisasi tema dan plugin pihak ketiga.

WordPress.org

WordPress.org adalah situs web sumber terbuka di mana Anda dapat men-download versi terbaru dari WordPress. Dalam hal ini, WordPress.org adalah platform self-hosted, yang berarti Anda harus memiliki domain dan hosting Anda sendiri untuk menjalankannya.

Salah satu keuntungan utama dari WordPress.org adalah kontrol penuh atas situs Anda. Anda dapat mengakses kode sumber, menginstal tema dan plugin apa pun yang Anda inginkan, dan bahkan melakukan kustomisasi berdasarkan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tentang adanya iklan yang ditampilkan di situs Anda, sehingga membuat pengalaman pengguna lebih baik.

Namun, Anda harus ingat bahwa menjadi self-hosted berarti Anda bertanggung jawab atas semua aspek situs Anda, seperti keamanan, backup, dan pemeliharaan secara berkala. Anda juga perlu membayar biaya hosting dan domain sendiri.

Kesimpulan

Jadi, mana yang lebih baik antara WordPress.com dan WordPress.org? Tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda hanya ingin membuat situs pribadi atau blog untuk berbagi ide atau pengalaman, WordPress.com adalah pilihan yang baik. Namun, jika Anda ingin kontrol penuh atas situs Anda dan dapat menginstal banyak plugin dan tema khusus, maka opsi WordPress.org mungkin lebih baik.

WordPress.com WordPress.org
Gratis Harus membayar biaya hosting dan domain sendiri
Domain WordPress.com gratis atau domain sendiri Domain sendiri
Banyak batasan Beberapa batasan
Iklan WordPress.com ditampilkan di situs Tidak ada iklan yang ditampilkan di situs kecuali yang Anda pilih sendiri
Lebih mudah digunakan Memerlukan beberapa pengetahuan teknis dan cukup rumit bagi pemula

Sekarang Anda tahu perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!