Tutorial Ruby on Rails untuk Pemula

Tutorial Ruby on Rails untuk Pemula

Halo Sobat RuangTeknologi, Selamat Datang di Tutorial Ruby on Rails!

Rails adalah kerangka kerja pengembangan web open source yang menggunakan bahasa pemrograman Ruby. Ini adalah salah satu kerangka kerja web paling populer di dunia. Kerangka kerja ini telah digunakan oleh banyak perusahaan besar dan mempertahankan popularitasnya karena kemudahan penggunaannya dan dukungan yang sangat baik oleh komunitas pengembang.Dalam tutorial ini, kita akan membahas dasar-dasar Ruby on Rails dan membantu Anda memulai dengan pengembangan web menggunakan kerangka kerja ini.

Apa itu Ruby on Rails?

Ruby on Rails, atau biasa disebut Rails, adalah kerangka kerja web yang dirancang untuk memudahkan pengembangan aplikasi web. Kerangka kerja ini terus meningkatkan produktivitas developer dengan mengurangi jumlah baris kode yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan fitur tertentu.Fitur utama dari kerangka kerja ini adalah MVC (Model-View-Controller). Ini adalah pola arsitektur perangkat lunak yang terdiri dari tiga komponen utama: Model, View, dan Controller. Model adalah representasi dari data dalam aplikasi, View adalah tampilan yang mewakili data, dan Controller memproses permintaan dari pengguna dan memanggil Model dan View sesuai kebutuhan.

Instalasi Ruby on Rails

Sebelum kita dapat mulai menggunakan Ruby on Rails, pertama-tama kita harus menginstal kerangka kerja ini. Ada beberapa cara untuk menginstal Ruby on Rails di sistem operasi yang berbeda, tetapi dalam tutorial ini, kami akan memandu Anda melalui penginstalan Ruby on Rails pada sistem operasi Windows.Langkah pertama dalam penginstalan Ruby on Rails adalah menginstal bahasa pemrograman Ruby. Anda dapat mengunduh installer Ruby terbaru dari https://rubyinstaller.org/downloads/ dan mengikuti langkah-langkah selama penginstalan.Setelah Ruby diinstal, instalasi bundler diperlukan. Bundler adalah perangkat lunak manajemen paket Ruby yang digunakan untuk menginstal dan mengelola dependensi dalam proyek Ruby.Untuk menginstal bundler, buka terminal atau command prompt dan jalankan perintah berikut:

gem install bundler

Setelah bundler diinstal, Anda sekarang siap untuk menginstal Ruby on Rails. Buka terminal atau command prompt dan jalankan perintah berikut:

gem install rails

Ini akan memasang kerangka kerja Ruby on Rails serta semua dependensi yang diperlukan untuk menjalankannya.

Struktur Aplikasi Rails

Setelah kita berhasil menginstal Ruby on Rails, mari kita lihat struktur dasar dari aplikasi Rails.- app/ : Ini adalah tempat kami menyimpan kode aplikasi kami.- config/ : Ini adalah tempat kami menyimpan konfigurasi aplikasi kami.- db/ : Ini adalah tempat kami menyimpan file database kami.- public/ : Ini adalah tempat untuk menyimpan file publik (gambar, css, dll.) yang akan diakses oleh pengguna.- test/ : Ini adalah tempat kami menyimpan tes aplikasi kami.- vendor/ : Ini adalah tempat kami menyimpan kode atau plugin pihak ketiga.

Membuat Aplikasi Rails Baru

Setelah kita memahami struktur dasar aplikasi Rails, mari kita buat proyek baru menggunakan kerangka kerja ini. Untuk membuat aplikasi baru, buka terminal atau command prompt dan jalankan perintah berikut:

rails new Nama_Aplikasi

Ini akan membuat aplikasi Rails baru dengan nama Nama_Aplikasi dan struktur dasar aplikasi Rails.Setelah selesai, masuk ke direktori aplikasi Anda dengan menjalankan perintah:

cd Nama_Aplikasi

Sekarang kita siap untuk memulai server Rails menggunakan perintah berikut:

rails server

Ini akan memulai server lokal pada port 3000. Anda dapat mengakses aplikasi Anda di browser Anda pada alamat http://localhost:3000.

Membuat Halaman Web dengan Rails

Sekarang mari kita buat halaman web sederhana menggunakan Ruby on Rails. Untuk membuat halaman web, kita akan menggunakan generator kontroller Rails. Buat kontroller baru dengan menjalankan perintah berikut:

rails generate controller HalamanUtama index

Ini akan membuat kontroller HalamanUtama dengan aksi default index, dan sebuah tampilan untuk aksi ini.Sekarang, buka file app/controllers/halaman_utama_controller.rb dan tambahkan kode berikut:

def index
end

Ini akan menambahkan metode index ke kontroller HalamanUtama. Metode ini akan menampilkan tampilan default untuk halaman utama.Sekarang, buka file app/views/halaman_utama/index.html.erb dan tambahkan kode berikut:

Ini akan menambahkan teks “Selamat Datang di Halaman Utama!” ke tampilan halaman utama.Sekarang kita dapat menguji halaman web kita dengan menjalankan server Rails dan mengunjungi alamat http://localhost:3000/halaman_utama/index.

Membuat Model di Rails

Sekarang kita akan membuat model untuk aplikasi kita. Model adalah objek yang merepresentasikan data dalam aplikasi kita, dan digunakan untuk melakukan operasi database seperti membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data.Untuk membuat model baru, jalankan perintah berikut:

rails generate model Artikel judul:string isi:text

Ini akan membuat model Artikel dengan dua field, yaitu judul dan isi.Setelah model dibuat, jalankan migrasi database dengan menjalankan perintah berikut:

rails db:migrate

Ini akan membuat tabel artikels di database kita dengan dua kolom, yaitu judul dan isi.Sekarang kita dapat menggunakan model Artikel untuk membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data dari database.

Menggunakan CRUD di Rails

CRUD adalah konsep dasar dalam pengembangan aplikasi web, yang digunakan untuk membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data. Ruby on Rails menyediakan dukungan built-in untuk CRUD, dan kami akan menggunakan ini untuk membuat aplikasi web sederhana yang memanipulasi data artikel.Mari kita tambahkan aksi ke kontroller Artikel untuk membuat artikel baru dengan menjalankan perintah berikut:

def buat
@artikel = Artikel.new(artikel_params)
@artikel.save
redirect_to @artikel
end

Ini akan membuat objek Artikel baru dengan data yang diberikan oleh pengguna, menyimpannya ke database, dan mengarahkan pengguna ke tampilan artikel baru.Sekarang mari tambahkan tampilan untuk membuat artikel baru. Buka file app/views/artikels/new.html.erb dan tambahkan kode berikut:

<%= form_for :artikel, url: artikels_buat_path do |f| %>

<%= f.label :judul %> <%= f.text_field :judul %>

<%= f.label :isi %> <%= f.text_area :isi %>

<%= f.submit "Buat" %>

<% end %>

Ini akan menambahkan formulir untuk membuat artikel baru ke tampilan.Sekarang kita dapat menguji aplikasi web kita dengan menjalankan server Rails dan mengunjungi alamat http://localhost:3000/artikels/new.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, kita telah belajar tentang Ruby on Rails dan cara menggunakannya untuk membuat aplikasi web sederhana. Kita mulai dengan mempelajari struktur dasar aplikasi Rails dan cara menginstalnya, kemudian membahas dasar-dasar MVC dan CRUD. Kita juga membuat halaman web sederhana dan model untuk aplikasi kita, dan menggunakan aksi CRUD untuk memperbarui data di database.Sekarang Anda memiliki dasar yang kuat untuk memulai pengembangan aplikasi web dengan Ruby on Rails. Kami harap tutorial ini bermanfaat bagi Anda dan terima kasih telah membaca!

Sampai Jumpa Kembali di Tutorial Menarik Lainnya dari RuangTeknologi!