Uninstall WordPress di Cpanel Hosting

Uninstall WordPress di Cpanel Hosting

Halo Sobat RuangTeknologi!

Mungkin sekarang ini kamu membutuhkan informasi mengenai cara uninstall WordPress di Cpanel hosting, ya? Jangan khawatir, dalam artikel ini, aku akan memberikan informasi yang lengkap dan mudah dipahami tentang cara melakukan uninstall WordPress.Jika kamu sudah melakukan installasi WordPress di hostingmu, tetapi ternyata kamu ingin menghapusnya dan memulai dari awal lagi, maka kamu perlu melakukan uninstall WordPress. Langkah-langkah uninstall WordPress ini sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Dalam artikel ini, aku akan memberikan panduan secara lengkap agar kamu bisa melakukan uninstall WordPress dengan mudah.

Langkah 1: Backup data website kamu

Sebelum memulai proses uninstall WordPress, ada baiknya kamu backup terlebih dahulu data website kamu. Dengan melakukan backup, kamu akan terhindar dari kehilangan data yang penting. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan backup data, misalnya dengan melakukan backup langsung melalui Cpanel hosting atau menggunakan plugin WordPress.

Langkah 2: Login ke Cpanel hosting

Setelah melakukan backup data, langkah selanjutnya adalah login ke Cpanel hostingmu. Cpanel hosting adalah control panel yang terdapat pada hostingmu dan digunakan untuk mengelola semua aspek website. Untuk login ke Cpanel hosting, kamu memerlukan username dan password yang telah kamu terima dari provider hostingmu.

Langkah 3: Pilih menu File Manager

Setelah login ke Cpanel hosting, kamu harus memilih menu File Manager. Menu File Manager ini berguna untuk mengakses dan mengelola semua file yang ada di website kamu.

Langkah 4: Pilih direktori website kamu

Di dalam menu File Manager, kamu harus memilih direktori website kamu. Biasanya direktori website ini terletak di public_html. Setelah memilih direktori website kamu, kamu akan melihat semua file yang ada di dalamnya.

Langkah 5: Hapus file WordPress

Setelah kamu memilih direktori website, langkah selanjutnya adalah menghapus semua file WordPress. Kamu harus menghapus semua file WordPress secara manual, karena jika kamu hanya melakukan uninstall pada Cpanel hosting, file-file WordPress akan tetap ada di dalam direktori website kamu. Beberapa file yang harus kamu hapus antara lain wp-admin, wp-includes, wp-config, dan lain sebagainya.

Langkah 6: Hapus database WordPress

Setelah kamu menghapus semua file WordPress, langkah selanjutnya adalah menghapus database WordPress. Database WordPress ini berisi semua informasi yang terkait dengan website kamu, termasuk artikel, komentar, dan pengaturan lainnya. Kamu bisa menghapus database WordPress melalui menu Database di dalam Cpanel hostingmu.

Langkah 7: Hapus subdomain atau domain parkir

Jika kamu memiliki subdomain atau domain parkir yang terhubung dengan WordPress yang ingin dihapus, kamu juga harus menghapusnya. Hal ini karena subdomain atau domain parkir tersebut masih terhubung dengan database WordPress dan akan mempengaruhi kinerja website kamu.

Langkah 8: Clear cache website

Setelah melakukan uninstall WordPress, kamu harus membersihkan cache website agar tidak ada data WordPress yang tersimpan di dalamnya. Kamu bisa menggunakan plugin cache WordPress atau membersihkannya secara manual melalui Cpanel hosting.

Langkah 9: Restart server hosting

Setelah membersihkan cache website, kamu harus restart server hosting agar perubahan yang kamu lakukan dapat diterapkan dengan sempurna. Cara restart server hosting tergantung pada jenis hosting yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Nah, itulah panduan lengkap tentang cara uninstall WordPress di Cpanel hosting. Langkah-langkah yang saya sampaikan tadi sangat mudah dipahami dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Pastikan kamu backup data website kamu sebelum memulai proses uninstall, ya. Jangan lupa juga untuk membersihkan cache website dan restart server hosting untuk memastikan perubahan yang dilakukan dapat diterapkan dengan sempurna.Sekian artikel ini, selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!