Cara Ganti Password Linux

Cara Ganti Password Linux

Halo Sobat RuangTeknologi!

Mungkin kamu sering merasa was-was dengan keamanan akun Linuxmu? Karena keamanan akun yang rentan, ganti password Linux yang sulit ditembus adalah salah satu tindakan yang harus kamu lakukan. Bagaimana cara melakukannya? Simak panduan sederhana berikut ini!

Pertama-tama, pastikan kamu memiliki akses administrator pada akun Linuxmu. Jika iya, silakan login ke akun tersebut.

Selanjutnya, buka terminal Linux dan ketikkan command “passwd”. Command ini akan meminta kamu untuk memasukkan password lama dan password baru yang diinginkan. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi kembali password baru tersebut.

Setelah itu, kamu harus memastikan bahwa password baru yang kamu buat cukup kompleks dan sulit ditebak. Password yang baik biasanya terdiri dari kombinasi huruf (kapital dan kecil), angka, dan simbol. Usahakan juga untuk menghindari penggunaan password yang sama dengan akun lain yang kamu miliki.

Contoh Password yang Baik
Password Buruk passwordku
Password Baik T3knoL0v3r#2022

Selain itu, pastikan password baru yang kamu buat memiliki panjang minimal 8 karakter untuk menghindari serangan brute force. Sebagai catatan, brute force adalah metode cracker dalam menebak password dengan mencoba semua kemungkinan kombinasi karakter secara otomatis.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyimpan password baru tersebut di tempat yang aman. Hindari menyimpannya di catatan di perangkatmu atau di emailmu. Kamu bisa menyimpannya di notebook kecil yang tersimpan di laci tempatmu bekerja atau di aplikasi manajer password yang terpercaya.

Jika kamu ingin mengganti password root, kamu perlu melakukan beberapa langkah tambahan. Pertama-tama, login ke akun root dan masukkan command “passwd”. Kemudian, masukkan password baru seperti yang dijelaskan di atas. Setelah itu, kamu perlu mengubah konfigurasi sudo agar tetap dapat digunakan. Caranya, buka file konfigurasi sudo di terminal dengan cara “sudo nano /etc/sudoers”. Setelah itu, ubah konfigurasi “root ALL=(ALL) ALL” menjadi “root ALL=(ALL) ALL, !authenticate”.

Sampai disini, kamu telah berhasil mengganti password Linux dengan mudah dan aman. Dengan password baru yang kuat, kamu dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam menggunakan akun Linuxmu. Jangan lupa untuk mengganti password secara berkala dan tidak membagikannya dengan siapapun.

Kesimpulan

Ganti password Linux merupakan langkah penting dalam menjaga keamanan akunmu. Gunakan password yang kompleks dan panjang serta hindari penggunaan password yang sama dengan akun lain. Selain itu, kamu juga perlu mengubah konfigurasi sudo jika ingin mengganti password root. Terakhir, ingat untuk menyimpan password baru tersebut di tempat yang aman dan rutin mengganti password secara berkala.

Sekian panduan singkat dari RuangTeknologi tentang cara ganti password Linux. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dalam artikel menarik lainnya!