Cara Install CentOS Web Panel, Mudah dan Cepat!

Cara Install CentOS Web Panel, Mudah dan Cepat!

Salam semua, hari ini kita akan membahas cara install CentOS Web Panel. Sobat Teknologi pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi server control panel yang satu ini. CentOS Web Panel atau sering disingkat CWP merupakan salah satu control panel populer dan mudah digunakan untuk menjalankan website atau aplikasi web di server.

Apa itu CentOS Web Panel?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara install CentOS Web Panel, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu CentOS Web Panel. CWP adalah aplikasi yang digunakan untuk mengkonfigurasi server hosting Linux yang berbasis CentOS atau RHEL (Red Hat Enterprise Linux). Dengan menggunakan CWP, kita dapat mengelola server hosting dengan mudah dan cepat.

Cara Instal CentOS Web Panel

Baiklah, sekarang kita masuk pada proses instalasi CentOS Web Panel. Ada dua versi yang tersedia, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Kita akan membahas cara instalasi versi gratis. Berikut langkah-langkahnya!1. Login sebagai root ke server hosting kita.2. Langkah awal kita perlu memastikan bahwa sistem kita sudah terinstall CentOS 6 atau 7 dengan arsitektur 64 bit.3. Setelah itu kita bisa menjalankan perintah berikut untuk mengunduh file instalasi CentOS Web Panel:

wget http://centos-webpanel.com/cwp-el7-latest

atau

wget http://centos-webpanel.com/cwp-el6-latest

4. Setelah proses unduhan selesai, kita perlu menjalankan file instalasi yang telah kita unduh dengan perintah:

sh cwp-el7-latest

atau

sh cwp-el6-latest

5. Selanjutnya, kita akan diminta untuk memasukkan informasi dasar seperti alamat email, username, dan password.6. Tunggu hingga proses instalasi selesai.Setelah proses instalasi selesai, kita bisa mengakses CentOS Web Panel dengan cara masuk ke URL https://alamat-IP-server:2031. Masukkan username dan password yang telah kita buat selama proses instalasi.

Konfigurasi CentOS Web Panel

Setelah kita berhasil masuk ke dashboard CentOS Web Panel, kita bisa mulai mengkonfigurasi server hosting kita. Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya:1. Membuat akun email.2. Membuat akun FTP.3. Membuat domain dan subdomain.4. Menginstall aplikasi web seperti WordPress, Joomla, dll.5. Mengelola database.Semua hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah melalui dashboard CentOS Web Panel.

FAQs

1. Apakah CentOS Web Panel gratis?Ya, tersedia versi gratis dan versi berbayar.2. Apa saja yang dapat dilakukan di CentOS Web Panel?Kita bisa melakukan banyak hal seperti membuat akun email, membuat akun FTP, membuat domain dan subdomain, menginstall aplikasi web, dan masih banyak lagi.3. Apakah CentOS Web Panel mudah digunakan?Ya, CentOS Web Panel sangat mudah digunakan dan cocok untuk pemula maupun ahli.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Sobat Teknologi sekarang sudah mengetahui cara instal CentOS Web Panel dan konfigurasinya. CentOS Web Panel sangat cocok untuk mereka yang ingin mengelola server hosting dengan mudah dan cepat. Selain itu, fitur-fitur yang tersedia di dalamnya juga sangat lengkap. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya sekarang!

Table

Kelebihan Kekurangan
Mudah digunakan Versi gratis terbatas fitur
Fitur lengkap Masih belum sepopuler control panel lain seperti cPanel
Gratis Perlu pengetahuan dasar tentang server hosting

Sampai jumpa kembali di artikel menarik kami selanjutnya! Terima kasih telah membaca artikel tentang cara install CentOS Web Panel. Salam sukses!