Cara Migrasi Wix ke WordPress

Cara Migrasi Wix ke WordPress

Halo! Jika Anda sudah memiliki sebuah website di Wix namun ingin beralih ke WordPress, artikel ini akan membantu Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci cara melakukan migrasi Wix ke WordPress. Tidak perlu khawatir, proses migrasi ini tidaklah sulit. Kami akan mengajarkan langkah-langkahnya dengan detail dan menjadikan proses migrasi ini menjadi sesuatu yang mudah dipahami.

Langkah 1: Buat Website WordPress

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat website WordPress yang akan menjadi tempat migrasi dari Wix. Anda harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu sebelum pembuatan website. Setelah itu, Anda bisa memilih template WordPress yang diinginkan, atau bisa juga membuat desain sendiri.

Langkah 2: Unduh Plugin Wix ke WordPress

Setelah website WordPress dibangun, langkah berikutnya adalah mengunduh plugin Wix ke WordPress. Plugin ini akan membantu Anda memindahkan konten dari Wix ke WordPress. Anda bisa mencarinya di menu plugin WordPress dan menginstalnya.

Langkah 3: Login Akun Wix Anda

Setelah plugin Wix ke WordPress diinstal di website baru WordPress Anda, selanjutnya adalah login ke akun Wix. Anda memerlukan login ke akun ini untuk memulai proses migrasi konten website Wix ke website WordPress.

Langkah 4: Pilih Website yang Akan Dimigrasi

Setelah Anda berhasil login ke akun Wix Anda, langkah berikutnya adalah memilih website yang akan dimigrasi. Setelah itu, Anda akan melihat opsi “Export Website” pada halaman tersebut. Klik opsi tersebut dan pilih “WordPress”.

Langkah 5: Unduh File Export

Setelah memilih opsi WordPress, Anda akan diminta untuk mengunduh file export. Setelah selesai diunduh, file export ini harus diimpor ke website WordPress yang baru dibuat menggunakan plugin Wix ke WordPress.

Langkah 6: Impor File Export ke WordPress Menggunakan Plugin Wix ke WordPress

Setelah Anda berhasil mengunduh file export dari Wix, langkah selanjutnya adalah mengimpor file tersebut ke website WordPress menggunakan plugin Wix ke WordPress. Klik opsi “Import Website” pada plugin dan unggah file yang sudah diunduh tadi.

Langkah 7: Tunggu Proses Impor Selesai

Setelah proses impor dimulai, biarkan berjalan sampai selesai. Proses ini membutuhkan waktu tergantung dari ukuran website Anda. Tunggu hingga proses ini selesai dan jangan membatalkannya selama proses berlangsung.

Langkah 8: Uji Website WordPress Anda

Setelah proses migrasi selesai, uji kembali website WordPress baru Anda untuk memastikan konten dan tampilannya sudah berhasil dimigrasi dari Wix. Periksa apakah semua halaman, posting, gambar, video, dan konten lainnya sudah terpindahkan ke WordPress dengan baik. Selain itu, periksa juga apakah tampilannya sudah sama seperti di website Wix Anda sebelum dimigrasi.

Langkah 9: Seret dan Lepas Element Wix ke WordPress

Jika Anda menemukan konten atau elemen yang tidak terpindahkan dengan baik, maka Anda bisa melakukan seret dan lepas atau copy paste konten salah satunya dari Wix ke WordPress. Caranya, buka website Wix dan WordPress di dua tab browser yang berbeda. Kemudian, seret konten atau elemen dari Wix dan lepaskan ke halaman WordPress Anda.

Langkah 10: Hapus Website Lama Anda

Setelah memastikan semua konten dan tampilan website sudah sesuai dengan yang diinginkan, langkah terakhir adalah menghapus website lama Anda di Wix. Namun, pastikan Anda sudah membackup atau menyimpan semua konten yang ada di Wix sebelum menghapusnya. Hal ini dilakukan agar jika terjadi kesalahan dalam proses migrasi, Anda masih memiliki data backup.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu cara migrasi Wix ke WordPress dengan mudah dan efisien. Meskipun proses migrasi ini memerlukan sedikit waktu, namun hasilnya akan sangat memuaskan. Anda bisa mendapatkan kontrol penuh terhadap website Anda dan mengelolanya dengan lebih efektif di WordPress. Jangan ragu untuk mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas untuk membuat migrasi Wix ke WordPress menjadi sukses. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Judul Keterangan
Langkah 1 Membuat website WordPress yang baru
Langkah 2 Mengunduh plugin Wix ke WordPress
Langkah 3 Login akun Wix
Langkah 4 Pilih website yang akan dimigrasi
Langkah 5 Unduh file export dari Wix
Langkah 6 Impor file export ke WordPress
Langkah 7 Tunggu proses impor selesai
Langkah 8 Uji website WordPress Anda
Langkah 9 Seret dan lepas elemen Wix ke WordPress
Langkah 10 Hapus website lama Anda

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!