Contoh Landing Page: Memikat Pengunjung untuk Mengambil Aksi

Contoh Landing Page: Memikat Pengunjung untuk Mengambil Aksi

Halo, Pembaca!

Anda mungkin pernah mendengar istilah “landing page”, namun apakah Anda benar-benar memahami apa itu dan bagaimana cara membuatnya? Secara sederhana, landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk menarik pengunjung agar melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftar ke newsletter, membeli produk, atau mengunduh ebook gratis. Inilah kedudukan landing page sebagai elemen penting dalam strategi pemasaran digital.Maka dari itu, dalam artikel ini, saya akan memberikan contoh-contoh landing page yang bisa dijadikan referensi dan inspirasi untuk bisnis Anda.

1. Contoh Landing Page untuk Startup

Banyak startup yang menggunakan landing page untuk mengumpulkan data potensial pelanggan mereka. Salah satu contoh yang baik adalah landing page dari Asana, sebuah aplikasi manajemen tugas online.Hal yang menarik dari landing page mereka adalah fokus pada manfaat utama yang bisa didapatkan oleh pengguna, seperti meningkatkan produktivitas dan keefektifan. Selain itu, mereka juga menempatkan testimoni pengguna di bawah tombol CTA (Call to Action) yang jelas.

2. Contoh Landing Page untuk E-commerce

Landing page yang efektif bagi e-commerce harus mampu menarik perhatian dan mempertahankan ketertarikan pengunjung sejak awal. Tokopedia, salah satu marketplace terbesar di Indonesia, berhasil membuat landing page yang menarik dengan menonjolkan fitur-fitur unggulan mereka.Cara lain untuk memikat pengunjung adalah dengan memberikan diskon atau promo khusus, seperti yang dilakukan oleh Lazada. Mereka menampilkan produk-produk dengan diskon besar di halaman depan landing page mereka, diikuti dengan tombol CTA yang menonjol dan mudah ditemukan.

3. Contoh Landing Page untuk Jasa Konsultan

Jasa konsultan biasanya membutuhkan landing page yang lebih terfokus pada pembacaan materi dan kredibilitas. Contoh landing page dari McKinsey & Company, sebuah perusahaan konsultan bisnis terkenal, menampilkan statistik yang menunjukkan hasil-hasil positif yang pernah dicapai oleh perusahaan mereka.Selain itu, mereka juga menekankan relevansi layanan mereka untuk berbagai jenis bisnis dan mencantumkan kontak informasi lengkap di bagian bawah landing page.

4. Contoh Landing Page untuk Situs Berita

Landing page untuk situs berita harus mampu menarik perhatian pengunjung dengan judul-judul artikel yang menarik. CNN, salah satu situs berita terbesar di dunia, memilih untuk menampilkan gambar-gambar berita yang menonjol di bagian atas landing page mereka, diikuti dengan judul-judul artikel terbaru.Dalam hal ini, penggunaan gambar yang menarik perhatian menjadi kunci utama dalam membujuk pengunjung untuk mengeklik artikel lebih lanjut.

5. Contoh Landing Page untuk Startup Teknologi

Startup teknologi biasanya menampilkan produk atau layanan yang inovatif, sehingga landing page mereka harus bisa menjelaskan dengan jelas bagaimana produk atau layanan tersebut dapat membantu dan memecahkan masalah pengguna.Contoh landing page dari Dropbox menunjukkan bagaimana produk mereka dapat mempermudah pengguna dalam membawa file ke mana saja dan kapan saja. Landing page mereka juga terlihat elegan dan simpel, dengan tombol CTA yang jelas di tempat yang mudah ditemukan.

6. Contoh Landing Page untuk Acara Promosi

Landing page untuk acara promosi harus mampu menarik perhatian pengunjung, memberikan informasi yang cukup dan memudahkan pengunjung untuk mendaftar atau membeli tiket.Contoh landing page dari Eventbrite menunjukkan judul acara, tanggal dan lokasi acara dengan jelas. Mereka juga menonjolkan testimoni dari pengunjung yang telah mengikuti acara sebelumnya.

Kesimpulan

Dalam era pemasaran digital yang semakin maju, landing page sangat penting dalam menghubungkan pengunjung dengan bisnis Anda. Landing page yang baik harus mampu menarik perhatian pengunjung, memberikan nilai tambah dan memudahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu.Mulailah dengan memahami tujuan Anda membuat landing page, kemudian ambil contoh dari beberapa landing page yang ada untuk menginspirasi ide-ide kreatif. Selalu uji coba dan optimalkan landing page Anda agar semakin efektif dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!