Instalasi Mikrotik di VPS

Instalasi Mikrotik di VPS

Apa itu Mikrotik?

Hai pembaca, apakah kalian tahu apa itu Mikrotik? Mikrotik adalah perangkat lunak dan perangkat keras topologi jaringan yang sangat populer dan digunakan oleh banyak orang. Ini terutama digunakan oleh administrator jaringan untuk mengelola dan mengatur jaringan mereka. Mikrotik dapat bekerja pada berbagai perangkat seperti router, server, atau bahkan VPS. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara menginstal Mikrotik di VPS.

Mengapa Menginstal Mikrotik di VPS?

Sebelum membahas cara instalasi Mikrotik di VPS, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu mengapa perlu menginstal Mikrotik di VPS. Sebagai administrator jaringan, bisa jadi kalian memerlukan jaringan privat virtual (VPS) untuk menghubungkan beberapa komputer. Nah, dengan menginstal Mikrotik di VPS, kalian dapat menyediakan gateway jaringan untuk menghubungkan banyak perangkat dalam jaringan yang sama. Mikrotik juga menyediakan banyak fitur seperti pengaturan bandwidth, kontrol akses, filtering, dan masih banyak lagi.

Persyaratan Instalasi

Sebelum memulai proses instalasi, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Pertama-tama, pastikan kalian memiliki akses root ke VPS. Kedua, pastikan sistem operasi VPS yang dipilih adalah Linux. Terakhir, pastikan kalian memiliki instalasi Mikrotik yang lengkap dan file instalasi Image.

Langkah-langkah Instalasi

Berikut ini adalah langkah-langkah instalasi Mikrotik di VPS:1. Pertama-tama, buatlah sebuah VPS yang memiliki sistem operasi Linux. Pastikan kalian telah mengaktifkan akses root. 2. Unduh file instalasi Mikrotik Image ke dalam VPS. Kalian bisa melakukan hal ini dengan mengirimkan file tersebut dari komputer kalian ke VPS atau dengan mengunduhnya langsung ke VPS. 3. Selanjutnya, buka terminal pada VPS dan navigasi ke direktori tempat file Image Mikrotik disimpan. 4. Ekstrak file Image dengan perintah “tar -xzf nama_file.tar.gz”. 5. Setelah proses ekstraksi selesai, kalian akan melihat banyak file yang akan muncul di direktori saat ini. Navigasi ke direktori “boot” dan jalankan perintah “mkisofs -R -b boot/grub/stage2_eltorito -no-emul-boot -boot-load-size 4 -boot-info-table -o mikrotik.iso iso”. 6. File ISO Mikrotik akan dibuat di direktori saat ini. Selanjutnya, kalian perlu mem-boot VPS dengan menggunakan file ISO Mikrotik yang baru saja dibuat. 7. Setelah itu, VPS akan diboot dengan menggunakan file ISO Mikrotik. Pada layar boot, pilih opsi “Install Mikrotik”. 8. Ikuti langkah-langkah yang diberikan pada layar Mikrotik dan pastikan kalian menyimpan konfigurasi yang diberikan. Setelah proses instalasi selesai, kalian akan mendapatkan Mikrotik yang sudah terinstall di VPS kalian.

Kesimpulan

Menginstal Mikrotik di VPS sangatlah penting untuk menghubungkan banyak perangkat dalam satu jaringan yang sama. Dengan menginstal Mikrotik, kalian dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan seperti pengaturan bandwidth, kontrol akses, filtering, dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini, kami telah memberikan langkah-langkah instalasi Mikrotik di VPS. Jangan ragu untuk mengikuti langkah-langkah tersebut dan coba sendiri. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Istilah Keterangan
Mikrotik Perangkat lunak dan perangkat keras topologi jaringan
VPS Jaringan privat virtual
Linux Sistem operasi open source
Root Akses administrator penuh