install wordpress di cpanel

install wordpress di cpanel

Cara Install WordPress di cPanel

Halo Sobat RuangTeknologi!

Apakah kamu ingin membuat situs web atau blog menggunakan platform WordPress? Jika iya, kamu harus tahu cara menginstalnya terlebih dahulu. Dan jangan khawatir, karena di artikel ini kita akan membahas cara menginstal WordPress di cPanel dengan mudah.Sebelum memulai proses instalasi, pastikan kamu sudah memiliki akses cPanel pada hosting yang kamu gunakan. Jika belum, kamu bisa membeli layanan hosting terlebih dahulu dan menghubungi provider hostingmu untuk mendapatkan akses cPanel.Nah, sekarang kita langsung menuju proses instalasi WordPress di cPanel. Ikuti langkah-langkah berikut dengan teliti, ya!

Cara Install WordPress di cPanel

  • Step 1: Login ke cPanel
  • Step 2: Pilih Fitur Softaculous Apps Installer
  • Step 3: Pilih WordPress di Softaculous
  • Step 4: Install WordPress

Selanjutnya, mari kita bahas setiap langkah dengan lebih rinci.

Step 1: Login ke cPanel
Pertama, masukkan alamat domain hostingmu di browser lalu masukkan username dan password untuk login ke cPanel. Biasanya, informasi ini diberikan oleh provider hosting kepada kamu melalui email.

Step 2: Pilih Fitur Softaculous Apps Installer
Setelah berhasil login ke cPanel, cari fitur Softaculous Apps Installer pada dashboard cPanel. Biasanya fitur ini dapat ditemukan pada bagian bawah dashboard cPanel.

Step 3: Pilih WordPress di Softaculous
Setelah memilih fitur Softaculous Apps Installer, kamu akan dibawa ke halaman installer Softaculous. Pada halaman ini, klik menu WordPress pada bagian kiri layar kamu.

Step 4: Install WordPress
Setelah memilih WordPress, kamu akan diarahkan ke halaman “Install”. Pada halaman ini, kamu akan diminta mengisi beberapa informasi dasar seperti namadomain, username, password, dan email untuk keperluan otentikasi WordPress. Kemudian, klik tombol “Install” dan proses instalasi WordPress akan dimulai.

Setelah proses instalasi selesai, kamu bisa langsung mengakses dashboard WordPress melalui alamat domain yang sudah kamu daftarkan di proses instalasi WordPress tadi. Selamat, kamu telah berhasil menginstall WordPress di cPanel.

Tips Install WordPress di cPanel

Berikut ini beberapa tips untuk memudahkan proses instalasi WordPress di cPanel:

1. Gunakan Aplikasi Softaculous di cPanel
Softaculous adalah aplikasi yang menyediakan paket instalasi WordPress yang sudah terintegrasi dengan cPanel. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menginstal WordPress tanpa harus repot memasukkan kode secara manual.

2. Pilih Theme WordPress Terbaik
Setelah berhasil menginstal WordPress, kamu bisa memilih theme yang sudah disediakan oleh WordPress atau menggunakan theme premium untuk membuat tampilan situs web atau blogmu lebih menarik.

3. Gunakan Plugin WordPress
Selain theme, kamu juga bisa menambahkan plugin untuk meningkatkan fungsionalitas situs web atau blogmu. Ada banyak plugin gratis dan premium yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan fitur seperti SEO, formulir kontak, dan banyak lagi.

Kesimpulan

Menginstal WordPress di cPanel tidak sulit. Dengan menggunakan aplikasi Softaculous yang sudah terintegrasi dengan cPanel, kamu bisa menginstal WordPress hanya dalam beberapa langkah mudah. Setelah berhasil menginstal WordPress, kamu bisa memilih theme dan plugin untuk membuat situs web atau blogmu lebih menarik dan fungsional. Demikianlah artikel tentang cara install WordPress di cPanel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Jangan lupa untuk terus mengunjungi RuangTeknologi untuk artikel menarik lainnya. Sampai jumpa!
Keyword Density
install wordpress di cpanel 1.5%
cpanel 1%
wordpress 2%
softaculous 0.5%
theme wordpress 0.5%
plugin wordpress 0.5%