Mengatasi White Screen WordPress

Mengatasi White Screen WordPress

Hai pembaca setia, kali ini kita akan membahas tentang white screen pada website WordPress. Mungkin Anda pernah mengalami masalah white screen ini ketika mengakses website, baik itu website yang sedang Anda kelola maupun website milik orang lain. Nah, jangan khawatir, di artikel ini kita akan membahas cara mengatasinya dengan mudah.

Apa itu White Screen WordPress?

White Screen WordPress atau biasa disebut WSOD merupakan masalah yang sering terjadi pada website WordPress yang menyebabkan layar menjadi putih kosong atau blank screen. Ketika Anda mengakses website, Anda hanya akan melihat layar putih kosong tanpa adanya pesan error atau tampilan apa pun. Hal ini membuat Anda tidak bisa mengakses atau melakukan apa pun pada website tersebut.

White Screen WordPress bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari masalah pada plugin, tema, hingga masalah pada server. Oleh karena itu, kita harus mengetahui penyebabnya agar bisa mengatasi masalah ini dengan tepat.

Penyebab White Screen WordPress

Penyebab white screen pada WordPress bisa beragam, di antaranya:

No. Penyebab
1. Konflik pada plugin
2. Konflik pada tema
3. Kesalahan pada kode PHP
4. Problema pada server

Penyebab lainnya bisa berasal dari masalah pada file .htaccess, masalah pada database, atau file WordPress yang rusak.

Cara Mengatasi White Screen WordPress

Setelah mengetahui penyebab white screen pada WordPress, langkah selanjutnya adalah mencari cara mengatasinya. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi white screen pada WordPress:

1. Menonaktifkan Plugin

Plugin yang tidak kompatibel atau plugin yang konflik dengan plugin lain bisa menjadi penyebab white screen pada WordPress. Oleh karena itu, jika Anda mencurigai masalah berasal dari plugin, Anda bisa menonaktifkan plugin tersebut.

Caranya adalah dengan mengakses file functions.php pada folder theme yang digunakan dan menambahkan kode berikut:

deactivate_plugins('nama_plugin');

Ganti nama_plugin dengan nama plugin yang ingin Anda nonaktifkan. Jika Anda tidak dapat mengakses website atau dashboard WordPress, Anda juga bisa menonaktifkan plugin melalui FTP.

2. Mengganti Tema

Jika masalah berasal dari tema yang digunakan, maka solusinya adalah dengan mengganti tema. Anda bisa mengganti tema dengan tema bawaan WordPress atau dengan tema lain yang sudah terbukti kompatibel dengan versi WordPress yang digunakan.

3. Menambahkan Memori PHP

Jika masalah berasal dari memori PHP yang tidak mencukupi, maka Anda perlu menambahkan memori PHP pada file wp-config.php. Caranya adalah dengan menambahkan kode berikut:

define('WP_MEMORY_LIMIT', '256M');

Dalam kode tersebut, nilai 256M adalah jumlah memori PHP yang akan ditambahkan. Anda bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan.

4. Memperbaiki Kode PHP

Jika masalah berasal dari kesalahan pada kode PHP, maka Anda perlu memperbaiki kode tersebut. Caranya adalah dengan mencari kode yang bermasalah, mengeditnya, dan menyimpannya kembali. Jika Anda tidak yakin dengan kode tersebut, sebaiknya Anda menghubungi tim teknis atau pengembang WordPress.

5. Memperbaiki Database

Jika masalah berasal dari database, maka Anda perlu memperbaiki database tersebut. Anda bisa melakukan backup database terlebih dahulu sebelum memperbaikinya. Jika Anda tidak yakin dengan cara memperbaiki database, Anda juga bisa menghubungi tim teknis atau pengembang WordPress.

6. Menghubungi Tim Teknis atau Pengembang WordPress

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka sebaiknya Anda menghubungi tim teknis atau pengembang WordPress untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka akan membantu Anda menemukan penyebab masalah dan memberikan solusi yang tepat.

Kesimpulan

White Screen WordPress bisa menyebabkan website Anda tidak bisa diakses dan membuat Anda kesulitan dalam mengelolanya. Penyebab white screen bisa berasal dari plugin, tema, kode PHP, server, atau masalah pada database. Untuk mengatasinya, Anda bisa menonaktifkan plugin, mengganti tema, menambahkan memori PHP, memperbaiki kode PHP atau database, atau menghubungi tim teknis atau pengembang WordPress. Semoga artikel ini bisa memberikan solusi bagi Anda yang mengalami masalah white screen pada WordPress.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!