Cara Cek Versi PHP

Cara Cek Versi PHP

Halo Sobat RuangTeknologi!

Mungkin kamu seringkali mendengar kata PHP dan hal-hal yang berkaitan dengan pemrograman website. Nah, salah satu hal yang perlu kamu ketahui adalah cara untuk mengecek versi PHP. Kenapa penting? Karena beberapa aplikasi atau fitur yang ada di website memerlukan versi PHP tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara cek versi PHP dengan mudah dan sederhana.

1. Cek Versi PHP Melalui Command Prompt

Cara pertama untuk mengecek versi PHP adalah melalui Command Prompt. Untuk mengakses Command Prompt di Windows, kamu bisa menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter. Setelah itu, ketik perintah “php -v” tanpa tanda kutip dan tekan Enter. Maka, akan muncul informasi mengenai versi PHP yang terinstall pada komputermu.

2. Cek Versi PHP Melalui File PHPinfo()

Cara kedua untuk mengecek versi PHP adalah dengan menggunakan file PHPinfo(). Caranya, buat file baru dengan ekstensi .php dan isi file tersebut dengan kode berikut:“`php“`Setelah itu, simpan file tersebut dan upload ke server atau localhost. Kemudian, buka file tersebut melalui browser. Maka, akan muncul informasi mengenai versi PHP serta konfigurasi server lainnya.

3. Cek Versi PHP Melalui Control Panel

Cara ketiga untuk mengecek versi PHP adalah melalui Control Panel dari penyedia layanan hosting. Caranya, masuk ke Control Panel atau dashboard hostingmu dan cari informasi mengenai PHP di menu atau pengaturan. Biasanya, akan terdapat informasi mengenai versi PHP yang telah terinstall pada server.

4. Cek Versi PHP Melalui Browser Extension

Cara keempat untuk mengecek versi PHP adalah dengan menginstall browser extension seperti “PHP Version Checker”. Ekstensi ini akan menampilkan informasi mengenai versi PHP yang digunakan pada website yang sedang ditampilkan pada browsermu.

5. Cek Versi PHP Melalui Code Editor

Cara kelima untuk mengecek versi PHP adalah melalui code editor. Beberapa code editor seperti Visual Studio Code atau PhpStorm akan menampilkan informasi mengenai versi PHP yang digunakan pada project yang sedang dikerjakan.

6. Cek Versi PHP Melalui SSH

Cara keenam untuk mengecek versi PHP adalah melalui SSH atau Secure Shell. Caranya, buka terminal atau SSH client dan masukkan perintah “php -v” seperti pada cara pertama. Maka, akan muncul informasi mengenai versi PHP yang terinstall pada server.

7. Cek Versi PHP Melalui Panel Kontrol Hosting

Cara ketujuh untuk mengecek versi PHP adalah dengan menggunakan panel kontrol hosting. Banyak penyedia hosting menyediakan panel kontrol khusus yang memudahkan pengguna untuk mengecek informasi mengenai versi PHP yang digunakan.

8. Cek Versi PHP Melalui Environment Variable

Cara kedelapan untuk mengecek versi PHP adalah melalui Environment Variable. Caranya, buka System Properties dan klik pada Environment Variable. Kemudian, cari dan klik pada PATH dan cari direktori tempat PHP terinstall. Setelah itu, buka Command Prompt dan ketik “php -v” seperti pada cara pertama.

9. Cek Versi PHP Melalui Web Server Logs

Cara kesembilan untuk mengecek versi PHP adalah dengan menggunakan Web Server Logs. Pada log server, akan terdapat informasi mengenai request dan response yang terjadi pada server, termasuk informasi mengenai versi PHP yang digunakan.

10. Cek Versi PHP Melalui Terminal Server

Cara kesepuluh untuk mengecek versi PHP adalah melalui Terminal Server. Caranya, jalankan Command Prompt atau terminal server dan ketik perintah “php -v”. Maka, akan muncul informasi mengenai versi PHP yang terinstall pada server.

11. Cek Versi PHP Melalui Web Hosting Manager

Cara kesebelas untuk mengecek versi PHP adalah dengan menggunakan Web Hosting Manager. Beberapa penyedia hosting menyediakan Web Hosting Manager yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan memonitor informasi mengenai website dan server.

12. Cek Versi PHP Melalui Control Panel Hosting dengan cPanel

Cara keduabelas untuk mengecek versi PHP adalah melalui Control Panel Hosting dengan cPanel. Caranya, masuk ke cPanel dan klik pada menu “MultiPHP Manager”. Kemudian, akan muncul informasi mengenai versi PHP yang terinstall pada server.

13. Cek Versi PHP Melalui FTP Client

Cara ketigabelas untuk mengecek versi PHP adalah melalui FTP Client. Caranya, login ke server menggunakan FTP Client dan cari file php.ini atau .htaccess. Kemudian, buka file tersebut dan cari informasi mengenai versi PHP.

14. Cek Versi PHP Melalui Command Line Interface (CLI)

Cara keempat belas untuk mengecek versi PHP adalah melalui Command Line Interface (CLI). Caranya, jalankan Command Prompt atau terminal server dan ketik perintah “php -v”. Maka, akan muncul informasi mengenai versi PHP yang terinstall pada server.

15. Cek Versi PHP Melalui Server-Side Script

Cara kelima belas untuk mengecek versi PHP adalah melalui Server-Side Script. Caranya, buat file script baru dengan ekstensi .php dan isi file tersebut dengan kode berikut:“`php“`Setelah itu, simpan file tersebut dan upload ke server atau localhost. Kemudian, buka file tersebut melalui browser. Maka, akan muncul informasi mengenai versi PHP yang digunakan pada server.

16. Cek Versi PHP Melalui Web Hosting Control Panel dengan Plesk

Cara keenam belas untuk mengecek versi PHP adalah dengan menggunakan Web Hosting Control Panel dengan Plesk. Caranya, masuk ke Plesk dan klik pada menu “PHP Settings”. Kemudian, akan muncul informasi mengenai versi PHP yang terinstall pada server.

17. Cek Versi PHP Melalui Error Message

Cara ketujuh belas untuk mengecek versi PHP adalah melalui error message. Jika terjadi error pada website yang terkait dengan masalah versi PHP, maka error message akan menampilkan informasi mengenai versi PHP yang digunakan.

18. Cek Versi PHP Melalui WordPress Dashboard

Cara kedelapan belas untuk mengecek versi PHP adalah dengan menggunakan WordPress Dashboard. Caranya, masuk ke Dashboard WordPress dan klik pada menu “At a Glance”. Kemudian, akan muncul informasi mengenai versi PHP yang digunakan pada website.

19. Cek Versi PHP Melalui Drupal System Requirements

Cara kesembilan belas untuk mengecek versi PHP adalah dengan menggunakan Drupal System Requirements. Caranya, masuk ke menu “Reports” dan klik pada “Status report”. Kemudian, akan muncul informasi mengenai versi PHP yang terinstall pada server.

20. Cek Versi PHP Melalui Joomla Info

Cara kedua puluh untuk mengecek versi PHP adalah dengan menggunakan Joomla Info. Caranya, masuk ke menu “System” dan klik pada “System Information”. Kemudian, akan muncul informasi mengenai versi PHP yang terinstall pada server.

Kesimpulan

Mengecek versi PHP sangatlah penting untuk memastikan website berjalan dengan baik dan lancar. Ada banyak cara untuk mengecek versi PHP, mulai dari melalui Command Prompt hingga melalui panel kontrol hosting atau Web Hosting Manager. Pilih cara yang paling mudah dan cocok dengan kebutuhanmu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai cara cek versi PHP. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

No. Cara Kelebihan Kekurangan
1 Command Prompt Cepat dan mudah dilakukan Hanya berlaku untuk komputer yang terinstall PHP
2 File PHPinfo() Mendapatkan informasi lengkap mengenai server Memerlukan akses ke server atau localhost
3 Control Panel Hosting Mudah dilakukan dan tersedia pada banyak penyedia hosting Tidak berlaku untuk komputer yang tidak terhubung ke server
4 Browser Extension Tidak memerlukan akses ke server atau localhost Tidak berlaku untuk website yang tidak terinstall ekstensi
5 Code Editor Mendapatkan informasi versi PHP pada project yang sedang dikerjakan Hanya berlaku untuk project yang terbuka pada code editor