Cara Import Database dari Localhost ke Web Hosting

Cara Import Database dari Localhost ke Web Hosting

Hai pembaca yang budiman! Dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara import database dari localhost ke web hosting. Sebelum kita memulai, mari kita bahas apa itu localhost dan web hosting.

Apa itu Localhost dan Web Hosting?

Localhost atau yang juga dikenal dengan 127.0.0.1 adalah alamat IP yang digunakan untuk mengakses server pada komputer lokal. Dalam hal ini, localhost adalah server yang berada pada komputer sendiri. Sedangkan web hosting adalah layanan penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan file dan database sehingga website dapat diakses dari internet.

Jadi, bagaimana cara memindahkan database dari localhost ke web hosting? Simak langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Backup Database

Sebelum kita memindahkan database dari localhost ke web hosting, kita harus membuat backup terlebih dahulu agar data yang kita miliki tidak hilang. Untuk melakukan backup, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti phpMyAdmin atau menggunakan command prompt.

Langkah 2: Upload Backup Database ke Web Hosting

Setelah berhasil melakukan backup, langkah selanjutnya adalah mengupload file yang berisi backup database tersebut ke web hosting. Kamu bisa menggunakan aplikasi FTP untuk melakukan upload atau mengupload file melalui cPanel.

Langkah 3: Buat Database di Web Hosting

Setelah berhasil mengupload file backup database, selanjutnya kamu perlu membuat database baru di web hosting. Langkah ini bisa dilakukan melalui cPanel.

Langkah 4: Import Database ke Web Hosting

Setelah berhasil membuat database baru, selanjutnya kamu bisa melakukan import database dari file backup yang telah kamu upload tadi. Untuk melakukan import, kamu bisa menggunakan phpMyAdmin atau command prompt.

Langkah 5: Ubah Konfigurasi Database di Website

Setelah berhasil mengimport database, kamu perlu mengubah konfigurasi database pada website agar website dapat terhubung dengan database yang baru saja kamu import. Konfigurasi database biasanya dapat dilakukan melalui file wp-config.php atau config.php (tergantung CMS yang kamu gunakan).

Langkah 6: Cek Koneksi Database

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, sekarang kita perlu memastikan koneksi database website dengan database di web hosting sudah terhubung dengan baik. Untuk memeriksa koneksi, kamu bisa melakukan uji coba dengan mengakses website.

Sekarang kamu sudah berhasil mengimport database dari localhost ke web hosting! Tapi, sebelum kamu keluar dari artikel ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan import database.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengimport Database

No. Hal yang Perlu Diperhatikan
1. Pastikan versi MySQL pada localhost sama dengan MySQL pada web hosting.
2. Periksa ukuran file backup database agar sesuai dengan batas upload file di web hosting.
3. Pastikan tidak ada data yang hilang saat melakukan backup database.
4. Periksa kembali konfigurasi database pada website setelah melakukan import database.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengimport database dari localhost ke web hosting. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dan memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan, kamu bisa memindahkan database dengan aman.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara import database dari localhost ke web hosting. Selain itu, kita juga mempelajari hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan import database agar tidak terjadi kesalahan pada website. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam memindahkan database dari localhost ke web hosting. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!