Cara Import Database MySQL

Cara Import Database MySQL

Halo Sobat RuangTeknologi!

Mungkin di antara kalian ada yang mengalami dilema ketika ingin menggunakan database MySQL yang diunduh dari internet. Import database mysql bisa menjadi tugas yang sangat sulit bagi Anda yang masih baru dalam dunia komputer. Walaupun begitu, jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara import database mysql dengan mudah. Dengan begitu, database yang ingin digunakan dapat diimplementasikan dalam waktu singkat.

Apa itu Database MySQL?

MySQL adalah sistem database relasional yang gratis, open-source, dan sangat populer. MySQL digunakan dalam banyak aplikasi web dan sangat terkenal di seluruh dunia. Sistem database ini dirancang untuk mengakses database secara cepat dan mudah.

Cara Import Database MySQL

Sebelum mulai, pastikan bahwa Anda telah mengunduh atau menyalin database MySQL yang ingin di-impor ke perangkat komputer Anda. Setelah memiliki database MySQL yang ingin di-impor, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Membuka PHPMyAdmin

Untuk bisa import database MySQL pada perangkat Anda, Anda harus membuka PHPMyAdmin terlebih dahulu. Untuk membuka aplikasi ini, buka web browser Anda dan ketikkan alamat “localhost/phpmyadmin” pada kolom alamat. Setelah itu, masukkan nama pengguna dan kata sandi yang sesuai dengan perangkat MySQL Anda.

2. Memilih Database yang Akan Di-Import

Setelah berhasil masuk ke PHPMyAdmin, langkah selanjutnya adalah memilih database yang akan di-import. Untuk melakukannya, klik pada nama database yang ingin Anda import di panel kiri.

3. Memilih Menu Import Database

Setelah memilih database yang akan di-import, langkah berikutnya adalah menemukan dan mengklik tombol “Import”. Tombol ini bisa ditemukan di bagian atas aplikasi PHPMyAdmin.

4. Memilih File Database MySQL

Setelah mengklik tombol “Import”, selanjutnya adalah memilih file database MySQL yang ingin di-import. Klik pada tombol “Pilih File” dan pilih file database MySQL yang sudah Anda unduh atau salin ke perangkat Anda sebelumnya.

5. Memilih Format File

Setelah memilih file database MySQL yang akan di-import, selanjutnya adalah memilih format file. Pastikan bahwa format file yang dipilih adalah “SQL”.

6. Meng-Import Database MySQL

Setelah memilih file dan format file dengan benar, langkah terakhir adalah meng-import database MySQL tersebut. Klik tombol “Go” dan tunggu hingga proses import database MySQL selesai.

Kesimpulan

Nah, mudah sekali bukan cara import database MySQL? Langkah-langkah di atas adalah cara paling mudah dan cepat untuk meng-import sebuah database MySQL ke perangkat Anda. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan database tersebut dalam waktu singkat.Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat RuangTeknologi! Jangan lupa untuk terus membaca artikel menarik kami lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

No. Langkah-langkah
1 Buka PHPMyAdmin
2 Pilih Database
3 Klik Import
4 Pilih File
5 Pilih Format
6 Import Database MySQL