Cara Restore WordPress

Cara Restore WordPress

Halo Sobat RuangTeknologi!

Apakah kamu pernah mengalami masalah pada website WordPress milikmu? Misalnya website terkena malware atau crash, dan kamu harus memulihkan website yang sudah aktif menjadi seperti semula. Well, jangan khawatir karena pada artikel kali ini, kita akan membahas cara restore WordPress dengan mudah.Sebelum memulai, pastikan kamu sudah memiliki backup website WordPress. Backup WordPress sangat penting karena ketika terjadi masalah pada website, kamu dapat memulihkan website dengan mudah menggunakan backup tersebut. Jadi, pastikan kamu sudah melakukan backup secara teratur. Selain itu, pastikan juga telah melakukan update pada WordPress dan plugin yang digunakan.

Cara Restore WordPress melalui Cpanel

Langkah pertama dalam restore WordPress adalah dengan masuk ke Cpanel. Kemudian, cari file backup yang telah kamu buat sebelumnya dan upload file tersebut ke Cpanel.Setelah file backup telah ter-upload, buka file manager pada Cpanel dan ke direktori website WordPress. Kemudian, hapus semua file yang ada di direktori tersebut kecuali file wp-content. Setelah itu, buka file backup yang telah kamu upload sebelumnya dan salin semua isi file tersebut. Kemudian, paste ke direktori website WordPress yang masih kosong. Pastikan kamu telah menimpa semua file lama dengan file backup.Selanjutnya, buka website WordPress. Jika website berhasil di-restore, maka website tersebut akan kembali seperti semula.

Cara Restore WordPress dengan Plugin

Selain melalui Cpanel, kamu juga dapat melakukan restore WordPress dengan menggunakan plugin. Salah satu plugin yang dapat digunakan adalah UpdraftPlus.Langkah pertama dalam restore WordPress dengan plugin adalah dengan mengunduh plugin UpdraftPlus. Kemudian, aktifkan plugin tersebut di website WordPress yang akan kamu restore.Setelah itu, buka plugin UpdraftPlus dan cari menu Restore. Kemudian, pilih file backup yang sudah kamu buat sebelumnya dan klik Restore.Setelah proses restore selesai, website WordPress akan kembali seperti semula.

Cara Mencegah Terjadinya Masalah pada Website WordPress

Untuk mencegah masalah pada website WordPress, pastikan kamu melakukan backup secara teratur. Selain itu, pastikan juga selalu melakukan update pada WordPress dan plugin yang digunakan.Selain itu, pastikan juga selalu memperbarui tema yang digunakan. Tema yang tidak di-update secara teratur dapat menjadi sumber masalah pada website WordPress.Terakhir, pastikan juga untuk menggunakan plugin keamanan pada website WordPress. Plugin keamanan dapat membantu melindungi website dari serangan malware atau hacking.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara restore WordPress dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup dan update secara teratur, serta menggunakan plugin keamanan pada website WordPress. Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat mencegah masalah pada website WordPress dan dapat mengembangkan website dengan aman dan nyaman.Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya di RuangTeknologi!