Tips Instalasi WordPress dan Langkah Wajib Setelahnya

Tips Instalasi WordPress dan Langkah Wajib Setelahnya

Salam hangat untuk Sobat RuangTeknologi. Jika Anda adalah pengguna baru WordPress, Anda mungkin akan merasa bingung tentang apa yang harus dilakukan setelah menginstal WordPress. Tenang saja, artikel ini akan membantu Sobat RuangTeknologi untuk memahami langkah-langkah wajib setelah instal WordPress.

Menggunakan Theme Default

Bila Sobat RuangTeknologi baru menginstal WordPress, maka theme default yang disediakan WordPress (Twenty Twenty-One) otomatis terpasang. Sobat RuangTeknologi pun dapat menggunakannya atau mengganti dengan theme lain. Jika Sobat RuangTeknologi memilih untuk tetap menggunakan theme default, hal yang perlu dilakukan adalah menyetel header dan logo. Sobat RuangTeknologi dapat menjelajahi bagian Appearance untuk menemukan pengaturan untuk menambahkan logo dan header.

Membuat Halaman Tentang dan Kontak

Halaman About dan Contact adalah halaman yang sangat penting untuk situs web apa pun. Halaman About menjelaskan kepada pengunjung tentang siapa Sobat RuangTeknologi dan apa yang Sobat RuangTeknologi lakukan. Sedangkan halaman Contact berisi informasi yang diperlukan oleh pengunjung untuk menghubungi Sobat RuangTeknologi. Sobat RuangTeknologi dapat menambahkan halaman About dan Contact di bawah ‘Pages’ di dashboard WordPress.

Membuat Menu

Menu adalah elemen penting dalam menyusun navigasi situs web. Sobat RuangTeknologi dapat menemukan menu di bagian Appearance -> Menus. Dalam menu, Sobat RuangTeknologi dapat menambahkan halaman, kategori, atau link menuju situs web lain. Pastikan untuk memberi nama menu yang jelas dan mudah dicari oleh pengunjung.

Optimasi SEO

Setiap pemilik situs web pasti ingin terlihat di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Untuk mengoptimalkan situs web Sobat RuangTeknologi, pastikan untuk menginstal plugin SEO seperti Yoast SEO atau All in One SEO Pack. Plugin SEO ini membantu Sobat RuangTeknologi menambahkan meta deskripsi dan kata kunci ke halaman, memperbaiki struktur URL, dan meraih ranking yang lebih baik di mesin pencarian.

Menambahkan Plugin Penting

Plugin adalah alat yang sangat membantu dalam mengembangkan situs web WordPress Sobat RuangTeknologi. Plugin yang umumnya diperlukan adalah plugin keamanan seperti Wordfence atau iThemes Security, plugin kecepatan seperti WP Super Cache atau W3 Total Cache, dan plugin anti-spam seperti Akismet.

Membuat Backup Situs Web

Membuat backup situs web adalah suatu tindakan yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik situs web. Backup berguna untuk mengembalikan situs web jika terjadi masalah teknis atau serangan malware pada situs web Sobat RuangTeknologi. Plugin backup populer seperti UpdraftPlus, Backup Buddy, atau VaultPress dapat membantu Sobat RuangTeknologi membuat backup situs web secara berkala.

Menambahkan Social Media

Sosial media adalah alat marketing yang sangat penting untuk situs web apa pun. Pastikan untuk menambahkan ikon sosial media ke situs web Sobat RuangTeknologi sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengikuti Sobat RuangTeknologi di platform sosial media. Ada banyak plugin sosial media yang tersedia untuk WordPress seperti Simple Social Icons atau Social Media Feather.

Melindungi Situs Web dari Spam

Spam adalah masalah umum yang harus dihadapi oleh pemilik situs web. Ada banyak plugin anti-spam yang tersedia di WordPress seperti Akismet atau Anti-Spam Bee. Plugin ini sangat membantu dalam mencegah spam comment dan email yang masuk ke situs web Sobat RuangTeknologi.

Mengaktifkan Email Subscription

Email subscription adalah cara yang bagus untuk membangun daftar email yang loyal untuk situs web Sobat RuangTeknologi. Plugin email subscription seperti Mailchimp, ConvertKit, atau Constant Contact dapat membantu Sobat RuangTeknologi dalam mengumpulkan alamat email pengunjung situs web.

Menerapkan SSL

SSL adalah protokol keamanan yang membantu melindungi data yang ditransfer antara pengunjung dan situs web. Google juga memperingatkan pengunjung bahwa situs web tanpa SSL tidak aman. Pastikan untuk menginstal SSL di situs web Sobat RuangTeknologi dan menambahkan HTTPS ke URL situs web.

Mengoptimalkan Halaman dan Gambar

Halaman dan gambar yang optimalkan dapat membantu meningkatkan kecepatan loading situs web Sobat RuangTeknologi. Pastikan untuk mengompresi gambar sebelum diupload ke situs web dan menggunakan plugin kecepatan seperti WP Super Cache atau W3 Total Cache.

Menambahkan Google Analytics

Google Analytics adalah alat yang sangat penting untuk memahami statistik situs web Sobat RuangTeknologi. Plugin Google Analytics seperti MonsterInsights atau Google Analytics Dashboard for WP (GADWP) dapat membantu Sobat RuangTeknologi dalam memantau data pengunjung situs web.

Mengoptimalkan URL

Struktur URL yang mudah dibaca oleh manusia dan memiliki kata kunci yang relevan membantu dalam meningkatkan SEO situs web Sobat RuangTeknologi. Pastikan untuk menyesuaikan struktur URL pada WordPress Anda dengan langkah-langkah yang dijelaskan di sini.

Menambahkan Google Search Console

Google Search Console membantu Sobat RuangTeknologi memantau kinerja situs web di Google. Sobat RuangTeknologi dapat menambahkan situs web ke Google Search Console dan memverifikasi bahwa Sobat RuangTeknologi adalah pemilik situs web.

Membuat Sitemap

Sitemap adalah daftar halaman dan postingan di situs web Sobat RuangTeknologi. Sitemap membantu mesin pencari seperti Google memahami struktur situs web Anda. Pastikan untuk membuat sitemap dan menambahkan di Google Search Console.

Menambahkan Google Tag Manager

Google Tag Manager memungkinkan Sobat RuangTeknologi untuk melacak pengunjung situs web dan memasang tag seperti Google Analytics dan Facebook Pixel dengan lebih mudah. Pastikan untuk menambahkan Google Tag Manager ke situs web Sobat RuangTeknologi dan mengaktifkan fitur yang diperlukan.

Menambahkan Iklan

Iklan adalah sumber pendapatan yang dapat membantu Sobat RuangTeknologi menghasilkan uang dari situs web. Ada banyak jaringan iklan seperti Google AdSense, Media.net, atau PropellerAds yang dapat Sobat RuangTeknologi gabung. Pastikan untuk menambahkan iklan dengan cara yang tidak mengganggu pengunjung situs web.

Meningkatkan Keamanan

Meningkatkan keamanan situs web adalah hal yang sangat penting untuk pemilik situs web. Pastikan untuk menginstal plugin keamanan seperti Wordfence atau iThemes Security, mengaktifkan SSL, dan membuat backup situs web secara berkala.

Melacak Kinerja Situs Web

Melacak kinerja situs web adalah hal yang sangat penting untuk memahami bagaimana situs web Sobat RuangTeknologi berkinerja. Pastikan untuk memantau statistik situs web menggunakan Google Analytics atau plugin statistik situs web lainnya.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, Sobat RuangTeknologi telah mempelajari langkah-langkah wajib setelah menginstal WordPress. Dari mengoptimalkan SEO hingga meningkatkan keamanan, semua langkah ini penting dalam mengembangkan situs web. Pastikan untuk mengikuti semua langkah dan optimalkan situs web Sobat RuangTeknologi agar lebih efektif dan efisien. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya dari RuangTeknologi!