Cara Download File Backup Website cPanel

Cara Download File Backup Website cPanel

Salam hangat kami sampaikan untuk Sobat RuangTeknologi yang sedang mencari cara download file backup website cPanel. Backup website adalah tindakan penting untuk semua pemilik website. Bahkan, Google sendiri merekomendasikan untuk membuat salinan cadangan website secara berkala. Di artikel ini, kami akan membahas cara download file backup website dengan menggunakan cPanel.

Step-by-Step Cara Download File Backup Website cPanel

Sebelum memulainya, pastikan Sobat RuangTeknologi sudah login ke akun cPanel. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:Step 1: Cari menu “Backup” pada halaman awal cPanel dan klik.Step 2: Pada halaman “Backup”, pilih opsi “Download a Full Website Backup”.Step 3: Pada kolom “Backup Destination”, pilih “Home Directory” dan masukkan alamat email untuk mendapatkan notifikasi ketika proses backup selesai.Step 4: Klik tombol “Generate Backup”.Step 5: Tunggu beberapa saat hingga proses backup selesai. Sobat RuangTeknologi akan mendapatkan notifikasi melalui email yang sudah diisi sebelumnya.Step 6: Pada halaman “Download a Full Website Backup”, klik tautan “Download” untuk mengunduh file backup ke komputer. File backup akan disimpan dalam format .tar.gz.Step 7: Setelah file backup berhasil diunduh, Sobat RuangTeknologi bisa menghapus file backup dari cPanel. Cari menu “File Manager” pada halaman utama cPanel dan pilih file backup yang sudah diunduh. Klik kanan pada file backup dan pilih opsi “Delete”.

Catatan Penting

Sebelum melakukan backup, pastikan Sobat RuangTeknologi memiliki cukup ruang penyimpanan di server untuk menyimpan file backup. Selain itu, pastikan juga bahwa internet tidak terputus saat proses backup berlangsung. Jika terputus, Sobat RuangTeknologi harus mengulang proses backup dari awal.

Kesimpulan

Itulah tadi cara download file backup website cPanel dengan mudah dan cepat. Backup website sangat penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti hack website ataupun kehilangan data penting. Dengan cara ini, Sobat RuangTeknologi bisa membuat salinan cadangan website dengan mudah dan rutin. Jangan lupa untuk menghapus file backup dari cPanel setelah berhasil diunduh. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.