Cara Ganti Port SSH di VPS

Cara Ganti Port SSH di VPS

Salam, Sobat Teknologi! Apakah kamu tahu apa itu port? Port adalah pintu masuk dan keluar pada suatu perangkat. Saat kita menggunakan VPS, port merupakan bagian penting dari konektivitas kita dengan server yang kita gunakan. Salah satu port yang sangat penting adalah port SSH. SSH (Secure Shell) adalah protokol jaringan yang memungkinkan kita untuk mengakses VPS dengan aman melalui internet. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan panduan tentang cara mengganti port SSH di VPS.

Panduan untuk Mengganti Port SSH di Linux VPS

Ada beberapa cara untuk mengganti port SSH di VPS. Namun, pada artikel ini kami akan memberikan panduan untuk mengganti port SSH di Linux VPS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke VPS Anda melalui SSH.

2. Setelah berhasil masuk, edit file konfigurasi SSH pada VPS Anda dengan perintah berikut:

sudo nano /etc/ssh/sshd_config

3. Kemudian, temukan baris berikut pada file konfigurasi:

#Port 22

4. Hilangkan tanda pagar (#) pada baris tersebut. Kemudian, ganti angka “22” dengan port yang ingin Anda gunakan. Sebagai contoh, jika Anda ingin menggunakan port 1022, baris tersebut akan terlihat seperti:

Port 1022

5. Setelah selesai mengedit, simpan file dengan menekan tombol Ctrl + X, kemudian tekan Y, dan tekan Enter.

6. Kemudian, restart layanan SSH dengan perintah berikut:

sudo service sshd restart

Panduan untuk Mengganti Port SSH di Windows VPS

Jika Anda menggunakan Windows VPS, berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti port SSH di VPS Anda:

1. Buka aplikasi Remote Desktop Connection dan masuk ke VPS Anda.

2. Setelah berhasil masuk, buka Command Prompt dengan cara klik Start, kemudian ketik “cmd” pada kolom pencarian.

3. Pada Command Prompt, ketik perintah berikut:

reg add HKLM\System\CurrentControlSet\Services\SSH\Parameters /v PortNumber /t REG_DWORD /d 1022 /f

4. Ganti angka 1022 dengan port yang ingin Anda gunakan.

5. Setelah selesai mengedit, restart layanan SSH dengan perintah berikut:

net stop sshd
net start sshd

Catatan Penting

Sebelum mengganti port SSH, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat:

1. Pastikan port yang Anda gunakan tidak digunakan oleh layanan lain.

2. Jangan menggunakan port yang umum digunakan oleh layanan lain. Sebagai contoh, port 22 adalah port SSH yang standar. Namun, port ini juga sering digunakan oleh hacker untuk melakukan serangan pada server.

3. Pastikan firewall pada VPS Anda konfigurasi untuk mengizinkan koneksi pada port yang Anda gunakan.

4. Pastikan Anda mengingat port yang Anda gunakan. Jika Anda lupa port yang Anda gunakan, Anda tidak akan bisa masuk ke VPS Anda melalui SSH.

Kesimpulan

Mengganti port SSH di VPS adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, pastikan Anda mengikuti panduan dengan benar dan berhati-hati agar tidak merusak sistem. Dengan mengganti port SSH, Anda dapat meningkatkan keamanan pada VPS Anda.

FAQs

1. Apa itu port SSH?Port SSH adalah pintu masuk dan keluar pada suatu perangkat. Saat kita menggunakan VPS, port merupakan bagian penting dari konektivitas kita dengan server yang kita gunakan.2. Mengapa perlu mengganti port SSH di VPS?Mengganti port SSH di VPS dapat meningkatkan keamanan pada VPS Anda. Dengan mengganti port SSH, Anda dapat menghindari serangan hacker pada port yang umum digunakan.3. Apakah sulit untuk mengganti port SSH di VPS?Tidak. Mengganti port SSH di VPS sangat mudah untuk dilakukan. Namun, pastikan Anda mengikuti panduan dengan benar dan berhati-hati agar tidak merusak sistem.4. Apa yang harus dilakukan jika lupa port SSH yang digunakan?Jika Anda lupa port SSH yang digunakan, Anda tidak akan bisa masuk ke VPS Anda melalui SSH. Oleh karena itu, pastikan Anda mengingat port yang Anda gunakan.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Itulah panduan lengkap tentang cara mengganti port SSH di VPS. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan keamanan VPS Anda. Jangan lupa kunjungi TechAcademy untuk pembelajaran teknologi yang lebih lanjut. Sampai jumpa di artikel menarik kami berikutnya!