Cara Install Wordpress Menggunakan Nginx di CentOS 7

Cara Install WordPress Menggunakan Nginx di CentOS 7

Persyaratan

Sebelum melakukan instalasi, Sobat RuangTeknologi harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:1. Server atau VPS [Virtual Private Server] dengan CentOS 72. Akses root ke server yang diinstal3. Nginx telah diinstal di server4. MySQL atau MariaDB telah diinstal di server5. PHP-FPM telah diinstal di serverJika Sobat RuangTeknologi sudah memenuhi semua persyaratan di atas, maka kita bisa langsung melakukan instalasi.

Langkah 1: Download dan Extract WordPress

Pertama-tama, Sobat RuangTeknologi harus mengunduh paket terbaru WordPress melalui situs resminya. Setelah diunduh, Sobat RuangTeknologi harus mengekstrak paket tersebut ke dalam direktori ‘/usr/share/nginx/html/’.Untuk melakukan ini, Sobat RuangTeknologi dapat menggunakan perintah berikut di terminal:

cd /usr/share/nginx/html/sudo wget https://wordpress.org/latest.tar.gzsudo tar -xzvf latest.tar.gz

Langkah 2: Buat Database MySQL untuk WordPress

Setelah mengunduh dan mengekstrak paket WordPress, Sobat RuangTeknologi harus membuat database MySQL baru untuk digunakan oleh WordPress.Untuk membuat database baru, Sobat RuangTeknologi dapat menggunakan perintah berikut di terminal:

mysql -u root -p

Setelah login, Sobat RuangTeknologi dapat membuat database baru dengan nama ‘wordpress’:

CREATE DATABASE wordpress;

Kemudian, Sobat RuangTeknologi harus membuat pengguna baru untuk database tersebut dan memberi akses penuh ke pengguna tersebut:

CREATE USER ‘wordpressuser’@’localhost’ IDENTIFIED BY ‘password’;GRANT ALL PRIVILEGES ON wordpress.* TO ‘wordpressuser’@’localhost’;FLUSH PRIVILEGES;

Pastikan mengubah ‘password’ menjadi kata sandi yang kuat.

Langkah 3: Konfigurasi Nginx

Setelah database telah dibuat, Sobat RuangTeknologi harus mengkonfigurasi server Nginx untuk mengakses WordPress.Untuk melakukan ini, Sobat RuangTeknologi dapat membuat file konfigurasi baru di dalam direktori ‘/etc/nginx/sites-available/’ dengan nama ‘wordpress’:

sudo nano /etc/nginx/sites-available/wordpress

Kemudian, Sobat RuangTeknologi harus menambahkan pengaturan berikut ke dalam file konfigurasi:

server {listen 80;server_name your_domain.com;root /usr/share/nginx/html/wordpress/;index index.php;location / {try_files $uri $uri/ /index.php?$args;}location ~ \.php$ {try_files $uri =404;fastcgi_pass unix:/var/run/php-fpm/php-fpm.sock;fastcgi_index index.php;fastcgi_param SCRIPT_FILENAME $document_root$fastcgi_script_name;include fastcgi_params;}}

Pastikan mengganti ‘your_domain.com’ dengan nama domain Sobat RuangTeknologi.

Langkah 4: Aktivasi Konfigurasi Nginx

Setelah menambahkan pengaturan konfigurasi Nginx baru, Sobat RuangTeknologi harus mengaktifkannya dengan membuat simbolik link di dalam direktori ‘/etc/nginx/sites-enabled/’.Untuk melakukan ini, Sobat RuangTeknologi dapat menggunakan perintah berikut di terminal:

sudo ln -s /etc/nginx/sites-available/wordpress /etc/nginx/sites-enabled/

Kemudian, Sobat RuangTeknologi harus memastikan bahwa konfigurasi Nginx telah berhasil diaktifkan dengan menjalankan perintah berikut:

sudo nginx -t

Langkah 5: Instalasi WordPress

Setelah berhasil mengkonfigurasi server Nginx, Sobat RuangTeknologi dapat melanjutkan dengan instalasi WordPress.Untuk melakukan ini, Sobat RuangTeknologi dapat membuka browser dan mengunjungi alamat IP atau nama domain server Sobat RuangTeknologi. WordPress akan memulai proses instalasi dan meminta pengaturan dasar seperti nama situs dan informasi pengguna awal.Sobat RuangTeknologi juga harus memasukkan informasi akses database yang baru saja dibuat di Langkah 2.

Langkah 6: Selesai

Setelah selesai menginstal WordPress, Sobat RuangTeknologi harus mengubah hak akses direktori dan file WordPress agar berfungsi dengan benar.Untuk melakukan ini, Sobat RuangTeknologi dapat menggunakan perintah berikut di terminal:

sudo chown -R nginx:nginx /usr/share/nginx/html/wordpresssudo chmod -R 755 /usr/share/nginx/html/wordpress

Selamat, Sobat RuangTeknologi telah berhasil menginstal WordPress dengan Nginx di CentOS 7!

Kesimpulan

Menginstal WordPress menggunakan Nginx di CentOS 7 adalah proses yang cukup sederhana jika Sobat RuangTeknologi telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Dalam artikel ini, saya telah menjelaskan langkah-langkah detail untuk menginstal WordPress menggunakan Nginx di CentOS 7. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Sobat RuangTeknologi dapat membantu meningkatkan kinerja situs web WordPress dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!