Cara Install Laravel di Ubuntu

Cara Install Laravel di Ubuntu

Halo pembaca! Apakah Anda sedang mencari cara untuk menginstal framework PHP Laravel di Ubuntu? Jika iya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Di artikel ini, kami akan membahas dengan lengkap cara instalasi Laravel di Ubuntu.

Persyaratan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai instalasi Laravel, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu:1. PHP: Pastikan Anda sudah menginstal PHP di server Ubuntu Anda. Laravel membutuhkan PHP versi 7.2 atau yang lebih baru. Anda dapat memeriksa versi PHP di Ubuntu Anda dengan menjalankan perintah “php -v” di terminal.2. Composer: Composer adalah manajer paket untuk PHP yang digunakan untuk menginstal Laravel. Pastikan Anda sudah menginstal composer di Ubuntu Anda. Jika belum, Anda dapat menginstalnya dengan menjalankan perintah “sudo apt install composer” di terminal.3. Web Server: Anda harus memiliki web server seperti Apache atau Nginx di server Ubuntu Anda.

Langkah-langkah Instalasi

Setelah memenuhi persyaratan di atas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal Laravel di Ubuntu:

Langkah 1: Clone Repository Laravel

Pertama-tama, buka terminal Ubuntu dan masuk ke direktori dokumen root web server dengan menjalankan perintah “cd /var/www/html”. Selanjutnya, jalankan perintah “git clone https://github.com/laravel/laravel.git” untuk mengunduh repository Laravel dari GitHub.

Langkah 2: Install Dependencies

Setelah mengunduh repository Laravel, masuk ke direktori Laravel dengan menjalankan perintah “cd /var/www/html/laravel”. Selanjutnya, jalankan perintah “composer install” untuk menginstal semua dependencies yang dibutuhkan oleh Laravel.

Langkah 3: Konfigurasi Environment

Berikutnya, salin file “.env.example” dan namai filenya “.env” dengan menjalankan perintah “cp .env.example .env”. Selanjutnya, jalankan perintah “php artisan key:generate” untuk membuat kunci aplikasi Laravel.

Langkah 4: Konfigurasi Database

Selanjutnya, buka file “.env” dan konfigurasikan koneksi database Anda. Isi konfigurasi database dengan informasi yang sesuai dengan database yang akan digunakan.

Langkah 5: Jalankan Aplikasi Laravel

Setelah melakukan semua konfigurasi di atas, Anda dapat menjalankan aplikasi Laravel dengan menjalankan perintah “php artisan serve”. Aplikasi Laravel akan berjalan di alamat “http://localhost:8000”.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara instalasi Laravel di Ubuntu. Kami telah membahas persyaratan yang diperlukan sebelum menginstal Laravel dan juga langkah-langkah instalasi yang harus diikuti. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menginstal Laravel di Ubuntu. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil membantu Anda dalam menginstal Laravel di Ubuntu. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Referensi Link
Dokumentasi Ubuntu https://ubuntu.com/server/docs/web-servers
Dokumentasi Laravel https://laravel.com/docs/8.x